Perkembangan Teknologi

Ponsel Lipat, 5G & Artificial Intellegence Tren Masa Depan

Tech - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
23 February 2019 11:38
Kehadiran robot dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, serta mulai muncul pembahasan terkait teknologi 5G.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia teknologi komunikasi selalu mengalami perubahan dan perkembangan pesat. Hal ini ditandai dengan frekuensi peluncuran model ponsel dan teknologi komunikasi lainnya dalam waktu singkat, kehadiran robot dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, serta mulai muncul pembahasan terkait teknologi 5G.

Melansir dari CNBC Internasional, perubahan dunia teknologi komunikasi tersebut juga merupakan pokok bahasan dalam Mobile World Congress (MWC), yang akan mulai pada Senin mendatang di Barcelona, Spanyol.

Dalam kegiatan itu, berbagai perusahaan besar bidang elektronik dan telekomunikasi juga akan meluncurkan produk terbaru mereka.

Berikut rinciannya:


1. Ponsel lipat
Samsung mengklaim Galaxy Fold atau ponsel lipat miliknya menjadi teknologi komunikasi yang sangat dinantikan minggu ini. Rencananya, Galaxy Fold akan dibanderol dengan harga US$ 1.980, atau setara dengan Rp 27.828.900 (*kurs Rp 14.055).

Selain Samsung, perusahaan teknologi komunikasi asal Tiongkok, Xiaomi juga akan meluncurkan tablet lipat, yang diberi nama Mi 9, dengan harga yang hampir sama.

2. 5G
Pembahasan terkait teknologi 5G bukanlah hal baru di MWC. Sebagai informasi, 5G merupakan jaringan generasi kelima yang menjanjikan kecepatan koneksi internet yang lebih cepat dari 4G dengan latensi yang lebih rendah.

Nokia, Ericsson, dan Huawei berlomba-lomba memamerkan peralatan komunikasi dengan teknologi 5G terbaru mereka di MWC. Sementara provider atau penyedia jaringan dari seluruh dunia akan menunjukkan upaya mereka untuk membuat jaringan 5G aktif dan berjalan.

Begitu juga dengan perusahaan smartphone yang tak ketinggalan memamerkan prototipe ponsel dengan teknologi 5G sehingga konsumen bisa langsung mencobanya. Bahkan, Samsung dikabarkan segera meluncurkan Galaxy S10 yang sudah dilengkapi dengan teknologi 5G pada pekan ini.

3. Robot dengan Artificial Intelligence
Dalam MWC kali ini, selain ponsel lipat dan 5G, kehadiran robot dengan artificial intelligence (AI) juga menjadi pembahasan yang tak kalah penting. Namun, tema terkait "etika" robot AI-lah yang menjadi fokus utama.

CEO Microsoft Satya Nadella dan Ketua Daimler Dieter Zetsche akan membahas bagaimana membuat robot AI lebih inklusif. Hal ini dikarenakan semakin banyak perusahaan yang mulai menggunakan robot AI, sehingga membuat pejabat pemerintah khawatir para pengusaha mulai mengurangi tenaga kerja manusia serta bias dalam mengambil keputusan bisnis.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading