Smartphone

Xiaomi, Oppo & Vivo Belum Berhasil Kudeta Posisi Samsung

Tech - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
13 December 2018 14:30
Xiaomi, Oppo & Vivo Belum Berhasil Kudeta Posisi Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski penjualan smartphone di kuartal III-2018 turun dibandingkan kuartal II-2018, tapi Samsung masih bertahan jadi penguasa pasar. Namun secara tahunan penjualan smartphone tercatat naik 18% menjadi 8,6 juta unit.

Bedasarkan laporan IDC Indonesia dari jumlah penjualan tersebut, Samsung menguasai 28%, disusul Xiaomi 24%, Oppo 19%, Vivo 11%, Advan 5% dan lain-lain 13%.

Menurut IDC merek lokal terus mengeksplorasi cara untuk tetap kompetitif berhadap merek besar dari Korea dan China. Evercross misalnya, memperkenalkan smartphone seri Xtream yang bekerja sama dengan operator PT XL Axiata Tbk (EXCL) dimana pengguna bisa mengakses youtube tanpa batas.

"Sementara itu Advan memberikan potongan harga khusus bagi para pelajar sebagai bagian dari marketing campaign," sebut riset IDC yang dipublikasi, Kamis (13/12/2018).


IDC Indonesia juga melaporkan, jumlah pengiriman smartphone di Indonesia pada kuartal III-2018 mencapai 8,6 juta unit atau naik 18% secara tahunan. Namun dari kuartal ke kuartal mengalami penurunan 9% karena depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

[Gambas:Video CNBC]


(hps/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading