Fintech

Perkuat Bisnis Fintech, Telkomsel Masuk Bisnis M-Banking

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 December 2018 17:10
Perkuat Bisnis Fintech, Telkomsel Masuk Bisnis M-Banking

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel meluncurkan layanan digital banking dengan bekerja sama dengan 80 perbankan dan lembaga keuangan domestik.

Dalam satu tahun ke depan, perusahaan menargetkan terjadinya peralihan pengguna SMS Banking dari perbankan melalui aplikasi ini dengan target traffic transaksi bulanannya sebesar Rp 400 juta/bulan.

Vice President Digital Advertising dan Banking Telkomsel Harris Wijaya mengatakan layanan ini ditujukan untuk konsumen Telkomsel di seluruh Indonesia untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap transaksi keuangan serta membantu peningkatan cashless society.


"Aplikasi ini bisa digunakan untuk transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronisasi data dan pencari ATM terdekat," kata Harris di Hard Rock Cafe, Jakarta, Rabu (12/12).


Harris menyebutkan, transaksi SMS banking secara industri masih bertumbuh 11% tiap tahunnya dengan jumlah pengguna mencapai 18 juta, sementara jumlah pengguna aktif SMS banking mencapai 10 juta pengguna. Perusahaan menargetkan 10% pengguna ini bisa melakukan transaksinya melalui plaltform digital yang dimilikinya ini.

Sementara saat ini aplikasi ini baru bisa digunakan dengan sistem operasi android dengan jumlah bank yang terintegrasi sebanyak 24 bank, mulai dari bank buku 4 dan bank buku 3. Perusahaan menargetkan untuk bisa mengaoperasikan juga dengan sistem operasi iOS yang sudah bekerja sama dengan 18 bank.

Namun sayangnya, pengguna yang menggunakan aplikasi ini masih akan dikenakan tarif SMS, namun tak dikenakan tarif data. Alasannya, penggunaan SMS lebih cepat dan mudah dan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun sehingga tidak terlalu mengandalkan data internet.


Meski dikembangkan langsung oleh perusahaan, nantinya penggunaan aplikasi akan menyesuaikan tampilannya dengan bank yang digunakan oleh nasabahnya.

[Gambas:Video CNBC] (roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading