Suntik Tokopedia & Lazada, Alibaba Kuasai Pasar e-Commerce RI

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 December 2018 12:36
Suntik Tokopedia & Lazada, Alibaba Kuasai Pasar e-Commerce RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Tokopedia mengumumkan pendanaan seri baru sebesar US$1,1 miliar atau setara Rp 15,95 triliun (asumsi kurs US$1 = Rp14.500). 

Mengutip publikasi yang disampaikan Tokopedia, Selasa (12/11/2018), pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Tokopedia tidak mengkonfirmasi berapa valuasi perusahaan setelah suntikan dana tersebut. Tetapi website TechCruch menyebutkan valuasi Tokopedia menjadi US$7 miliar setelah suntikan dana baru ini, mengutip seorang sumber.


Suntikan dana dari Alibaba ini menguatkan posisi raksasa e-commerce asal Tiongkok ini di Tokopedia. Pada Agustus 2017 lalu Alibaba juga berinvestasi sebesar US$1,1 miliar di Tokopedia.

Suntikan Alibaba juga memperkuat cengkraman Alibaba di pasar toko online tanah air. Pasalnya, Alibaba sudah mengakuisisi Lazada pada 2016 silam. Alibaba masuk ke Lazada dengan menyuntikkan dana sekitar US$1 miliar.

Transaksi tersebut terdiri dari sekitar US$500 juta untuk pembelian saham baru yang dikeluarkan Lazada dan akusisi saham dari pemagang saham lainnya. Sisanya, untuk investasi.


Setahun kemudian, Alibaba sudah kembali menyuntikkan dana sebesar US$1 miliar ke Lazada lagi. Dana ini untuk mendukung promo dan ekspansi layanan yang diberikan Lazada.

Mengutip situs pembanding e-commerce, iPrice, Tokopedia merupakan e-commerce paling populer di Indonesia. Hingga kuartal III-2018 pengunjung situs Tokopedia mencapai 153,64 juta per bulan.

Lazada berada di urutan keempat setelah Bukalapak dan Shopee. Total pengunjung Lazada mencapai 36,41 juta pengunjung saban bulan.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading