Perkembangan Teknologi

Wow, Kini Apple iPhone Adopsi NFC Buat Pembayaran Digital

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
10 December 2018 16:50
Apple bekerja sama dengan Singtel untuk sediakan layanan pembayaran tap-and-go.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi Anda para fanboy dan fangirl iPhone, bersiaplah untuk menyambut kehadiran teknologi baru di smartphone (ponsel pintar) besutan Apple ini. Teknologi tersebut adalah near-field-communication (NFC).

Melalui teknologi ini pengguna iPhone bisa melakukan pembayaran dengan mendekatkan smartphone pada mesin electronic data capture (EDC) yang tersedia di merchant. Namun, teknologi NFC hanya bisa digunakan pengguna iPhone di Singapura setelah Apple kerja sama dengan aplikasi dompet digital milik operator telekomunikasi Singtel bernama Dash.

Pengguna Dash juga bisa mendapatkan kartu kredit virtual milikĀ Visa untuk transaksi online yang juga melalui ponsel iPhone untuk melakukan pembayaran NFC pada prosesor pembayaran global terminal Visa PayWave. Sebelumnya kerja sama ini hanya untuk merchant lokal, sekarang dapat digunakan di merchant global.


Kunal Chatterjee, country manager Visa untuk Singapura dan Brunei, mengatakan dalam sebuah pernyataan media, "Pembayaran tanpa kontak ponsel telah berkembang dengan stabil, dan hari ini lebih dari 70 persen dari semua transaksi Visa adalah pembayaran tanpa kontak, baik melalui kartu fisik atau ponsel.

"Akun virtual Visa Dash memberikan semua pelanggan, termasuk yang tanpa kartu kredit fisik, cara aman dan nyaman untuk melakukan pembayaran online atau offline dengan mitra dagang global kami." Dilansir dari Straitstimes.com, Senin (10/12/18).

Kemitraan terbaru Singtel dengan Apple Pay dan Visa ini akan mendorong semakin populernya industri pembayaran seluler. Morgan Stanley menilai transaksi dompet digital miliki perusahaan telekomunikasi di Asia Tenggara mencapai US$2,9 miliar pada 2022.

Laporan dari Google dan Singapura Temasek baru-baru ini mencatat, bahwa kurang dari separuh pengguna internet di Asia Tenggara telah mengadopsi layanan pembayaran digital, dan menunjuk pada "bentuk solusi pembayaran digital yang terfragmentasi, yang tidak kompatibel satu sama lain dan masih kurangnya penerimaan pedagang secara online dan offline".

Singtel memiliki lebih dari setengah juta pengguna terdaftar untuk Dash di Singapura.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading