Pabrik Perakit iPhone Pindah ke RI, Luhut: Izin Kami Urusin!

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
06 December 2018 20:22
Pabrik Perakit iPhone Pindah ke RI, Luhut: Izin Kami Urusin! Foto: CNBC Indonesia/puspa
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan perakit smartphone iPhone asal Taiwan, Pegatron, memutuskan memindahkan pabrik dari China ke Indonesia. Faktor utama adalah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Namun untuk Indonesia, pabrik yang dipindahkan adalah untuk produk non-iPhone.

Dilansir Nikkei Asian Review, Kamis (6/12/2018), pabrikan bersiap mengalihkan produksi produk non-iPhone yang terkena tarif impor AS ke sebuah pabrik yang disewa di Batam dalam enam bulan ke depan.

Ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (6/12/2018), Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, membenarkan rencana investasi Pegatron di Indonesia.




Luhut menyebut, Pegatron sempat ragu berinvestasi lantaran masalah perizinan. Namun, dia mengaku meyakinkan perusahaan itu bahwa urusan izin demi izin akan diselesaikan.

"Semua izin kita urusin, pokoknya kamu (Pegatron) investasi di sini, sepanjang kamu ikutin semua aturan-aturan yang ada. Supaya jangan ada persulit dengan sogok menyogok, (nanti) ditangkap KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) lagi," kata Luhut.
Pabrik Perakit iPhone Pindah ke RI, Luhut: Izin Kami Urusin!Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Perihal nilai investasi, mantan Menko Polhukam itu belum dapat mengungkapkan detailnya. Intinya, investasi Pegatron masuk secara bertahap. "Dia mau lihat dulu. Kita memang dorong orang-orang yang mau relokasi industrinya terutama semikonduktor, HP, elektronik, ke Indonesia."

Saat ditanya kapan akan masuk ke Indonesia, Luhut berharap pada kuartal pertama pabrik Pegatron sudah tuntas.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading