Cryptocurrency

Kembali Cuan, Dalam Semalam Harga Bitcoin Naik Rp 1,88 Juta!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 December 2018 11:28
Kembali Cuan, Dalam Semalam Harga Bitcoin Naik Rp 1,88 Juta!
Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan lalu menjadi pekan yang nahas bagi investor dan trader Bitcoin. Dalam sepekan harga Bitcoin anjlok 11$ ke level US$3.293,31 atau setara Rp 47 juta.

Namun pada hari ini harga Bitcoin mulai menunjukkan pemulihan. Mengutip Coindesk, Bitcoin dihargai US$3.529,73%. Artinya dalam semalam harga Bitcoin sudah menguat 3,83%.

Dalam 24 jam terakhir harga Bitcoin sudah menguat US$129,23 per koin. Jika menggunakan nilai tukar US$1 = Rp 14.515 maka investor yang mengoleksi Bitcoin mulai hari minggu (9/12/2018) mendapatkan keuntungan Rp 1,88 juta.


Kenaikan harga Bitcoin dikarenakan investor kembali kumpulkan Bitcoin karena harganya dianggap sudah termasuk murah. Meski harganya murah, harga Bitcoin saat ini sudah tidak menguntungkan bagi penambang Bitcoin. Titik impas bagi penambang adalah US$8.600 per koin.

Dalam tiga pekan terakhir harga Bitcoin memang bergerak fluktuatif dengan kecenderungan melemah tajam. Sell-off terus terjadi di mana investor dan trader memilih melepas Bitcoin yang membuat harga anjlok.

Anjloknya nilai Bitcoin karena investor khawatir akan ada perlakuan yang lebih keras dari otoritas Amerika Serikat terhadap mata uang digital paling populer ini. Untuk pertama kalinya SEC memperpanjang pengurusan izin dari reksa dana Bitcoin karena ingin meneliti soal keamanan dan transparansi produk untuk memberikan perlindungan maksimal bagi penggunanya.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading