Cryptocurrency

Bursa Global Kebakaran, Bitcoin Cs Tetap Stabil

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
25 October 2018 17:37
Bursa Global Kebakaran, Bitcoin Cs Tetap Stabil
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga berbagai mata uang kripto (cryptocurrency) cenderung stabil hari Kamis (25/10/2018) meskipun pasar saham global turun dalam.

Pada sore hari waktu perdagangan Asia, nilai Bitcoin telah jatuh 0,23% menjadi sekitar US$6.484, sementara XRP mengalami kerugian 2,09% dan Ethereum anjlok 1,38%, menurut data dari Coinmarketcap.com.



Kinerja stabil di antara mata uang cryptocurrency kali ini sangat kontras dibandingkan dengan bursa saham yang mengalami aksi jual besar-besaran.


Bursa saham utama kawasan Asia rontok pada perdagangan hari Kamis. Indeks Nikkei di Jepang anjlok 3,72%, indeks Hang Seng di Hong Kong turun 1,01%, indeks Straits Times di Singapura melemah 0,63%, dan indeks Kospi di Korea Selatan meluncur turun 1,63%.

Pada 11 Oktober, Bitcoin anjlok lebih dari 4%, sementara XRP dan Ethereum anjlok lebih dari 11% selama jam perdagangan Asia saja, menurut data dari Coinmarketcap.com.

Bursa Global Kebakaran, Bitcoin Cs Tetap StabilFoto: Infografis/Sejarah Bitcoin/Edward Ricardo
Saat itu, selama tiga hari, cryptocurrency sebagai kelas aset mengalami penurunan nilai sekitar US$18 miliar ketika pasar global jatuh.

Joe DiPasquale, CEO dana cryptocurrency dana lindung nilai BitBull Capital, pada saat itu mengatakan bahwa ketidakpastian di sekitar saham menembus ke pasar mata uang kripto.



"Ketika kami melihat pasar ekuitas runtuh, ada beberapa ketakutan di pasar mata uang digital juga," katanya, melansir CNBC International. "Saya pikir ada sentakan awal karena aktivitas pasar dan penjualan yang lebih besar."

Kejadian pada 11 Oktober itu juga bertepatan dengan rilis laporan oleh Dana Moneter Internasional (IMF), di mana lembaga itu mengatakan "berlanjutnya pertumbuhan cepat aset kripto dapat menciptakan kerentanan baru dalam sistem keuangan internasional." (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading