Perkembangan Teknologi

Tantang Google, Baidu Luncurkan Mesin Penerjemah Berbasis AI

Tech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
24 October 2018 15:21
Mesin penerjemah milik Baidu ini memiliki kecepatan penerjamahan yang lebih baik dibanding mesin penerjemah lainnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa internet China, Baidu meluncurkan sebuah mesin penerjemah yang dapat menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Mandarin dan Jerman secara real time berbasis kecerdasan buatan (artificial intellegence/ AI).

Keunggulan mesin penerjemah ini adalah kecepatannya yang dapat menerjemahkan dalam seketika. Kebanyakan mesin penerjemah lain membutuhkan waktu dalam menterjemahkan bahasa.

Inisiatif Baidu ini merupakan cara terbaru untuk menantang Google. Produk ini juga merupakan terobosan bagi Baidu yang telah melakukan investasi besar-besaran dalam AI selama beberapa tahun terakhir, berharap untuk membangun masa depan bisnisnya pada teknologi.


Pemrosesan bahasa dan kemampuan mesin untuk memahami ucapan manusia telah berkembang dengan pesat. Hal ini dilihat sebagai teknologi kunci yang dapat diintegrasikan di sejumlah produk, terutama voice assistants.

Dan teknologi suara dipandang sebagai medan pertempuran besar bagi raksasa teknologi termasuk Amazon, Apple dan Alphabet Google.

Untuk saat ini, alat terjemahan Baidu hanya mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Mandarin dan sebaliknya, atau bahasa Inggris dan Jerman.

Pada mesin penerjemah ini, AI Baidu mempelajari dua juta pasang kalimat Inggris dan China, ujar Liang Huang, Ilmuwan Utama Baidu kepada CNBC International, Rabu (24/10/2018).

"Kami melatih sistem kami untuk memprediksi sisi bahasa Inggrisnya, mengingat awalan sisi Bahasa Cina," kata Huang kepada CNBC.

Alat terjemahan juga dapat disesuaikan untuk latensi, yang berarti pengguna dapat mengatur berapa banyak jeda antara kata yang diucapkan dan terjemahannya. Semakin tinggi jeda, semakin baik terjemahan untuk beberapa bahasa.

Baidu adalah mesin pencari terbesar China, dan karena alasan itu sering dibandingkan dengan Google. Produk terbarunya datang lebih dari setahun setelah Google meluncurkan Pixel Buds, satu set headphone tanpa kabel yang diklaimnya dapat melakukan terjemahan langsung.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading