Startup

Softbank Corp Akan Suntik Lagi Grab Rp 7,55 Triliun?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 October 2018 16:24
Softbank Corp Akan Suntik Lagi Grab Rp 7,55 Triliun?
Jakarta, CNBC Indonesia - SoftBank Group Corp tinggal selangkah lagi untuk mencapai kesepakatan investasi sebesar US$500 juta atau setara Rp 7,55 triliun (asumsi US$1 = 15.100) ke perusahaan berbagi tumpangan (ride-hailing) Grab.

Pendanaan ini akan menjadi bagian dari penggalangan dana seri terbaru, di mana Grab berencana mengumpulkan dana sebesar US$1 miliar, ujar sumber Reuters yang mengetahui tentang hal tersebut, seperti dilansir dari CNBC International, Jumat (5/10/2018).

Perusahaan transportasi online berumur enam tahun ini telah menggalang dana lebih dari US$6 miliar yang dipimpin oleh Softbank, perusahaan ride hailing asal China Didi Chuxing, dan Toyota Motor Corp. Setelah penggalangan dana terakhir, valuasi Grab mencapai US$11 miliar.


Softbank pertama kali berinvestasi di Grab pada 2014 dengan membeli saham Grab seharga US$250 juta saat startup ini berusia dua tahun dan mulai bersaing dengan Uber Technologies di Asia Tenggara. Toyota dan perusahaan jasa keuangan memimpin penggalangan dana tahap awal itu.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura, Grab, mengakuisisi bisnis Uber Asia Tenggara tahun ini dengan melakukan tukar guling saham dan sejak itu operasinya meluas dengan cepat.

Grab sedang berusaha bertransformasi dengan memperluas dan mengembangkan layanan bisnis pengiriman makanan (food delivery), uang elektronik (e-wallet), dan pembayaran berbasis smartphone (mobile payment).

SoftBank tidak segera mengomentari permintaan tanggapan. Grab menolak berkomentar.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading