Cryptocurrency

Otoritas Bursa AS Hentikan Perdagangan 2 Produk Bitcoin Cs

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
10 September 2018 12:54
Perdagangan produk Bitcoin Tracker One dan Ether Tracker One akan dihentikan di AS setidaknya hingga 20 September.
New York, CNBC Indonesia - Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu (10/9/2018) mengatakan telah menghentikan sementara perdagangan dua produk investasi yang melacak mata uang kripto (cryptocurrency). SEC menyebut alasan suspensi itu adalah kebingungan para pelaku pasar yang mempertanyakan apakah produk ini termasuk produk reksa dana yang bisa diperdagangkan atau ETF.

Komisi mengatakan perdagangan produk Bitcoin Tracker One dan Ether Tracker One akan dihentikan di AS setidaknya hingga 20 September.

[Gambas:Video CNBC]
Kedua produk ini melacak harga mata uang digital dan telah terdaftar di bursa Nasdaq di Stockholm, tetapi diperdagangkan di luar bursa formal AS.


"Kelihatannya ... ada kekurangan konsistensi, pengkinian, dan akurasi informasi," kata SEC dalam situsnya, dikutip dari CNBC International. "Materi aplikasi telah diajukan untuk memungkinkan penawaran dan penjualan produk-produk keuangan di AS, serta beberapa situs-situs perdagangan tertentu, yang memproklamirkan diri mereka sebagai 'ETF.'"

XBT Provider AB yang merupakan pembuat Bitcoin TrackerOne dan Ether Tracker One, serta perusahaan induknya, tidak segera menanggapi permintaan email untuk berkomentar. Nasdaq menolak berkomentar.

SEC telah mengambil sikap tegas terhadap pelacakan bitcoin ETF dan mata uang digital lainnya yang diperdagangkan di pasar.

Tetapi para perusahaan investasi telah mendorong jenis investasi lain yang mencoba memudahkan perdagangan cryptocurrency sebagai saham biasa.



Produk-produk tersebut terkadang disebut ETF, tetapi istilah itu umumnya mengacu pada produk yang berbeda dan seringkali lebih ketat diatur. Beberapa pakar industri, termasuk penyedia ETF terbesar, BlackRock Inc, telah meminta regulator untuk membakukan ketentuan untuk membedakan ETF dan jenis produk investasi lainnya.

Mata uang virtual, termasuk Bitcoin dan Ether, dapat digunakan untuk memindahkan uang ke seluruh dunia dengan cepat dengan anonimitas, tanpa memerlukan otoritas pusat, seperti bank atau pemerintah. Mata uang kripto dapat menarik lebih banyak investor dan mendorong harganya menjadi lebih tinggi.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading