Startup

Softbank Suntik Anak Usaha Raksasa Asuransi China Rp 1,46 T

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
28 August 2018 15:43
Softbank Suntik Anak Usaha Raksasa Asuransi China Rp 1,46 T
Hong Kong, CNBC IndonesiaSoftBank Group Jepang akan menginvestasikan lebih dari US$100 juta (Rp 1,46 triliun) dalam joint venture dengan anak perusahaan internasional China ZhongAn Online P&C Insurance, kata seorang eksekutif ZhongAn.

Vision Fund SoftBank akan memiliki 51% dari perusahaan patungan ini dengan maksud untuk menjual perusahaan teknologi China ini ke perusahaan jasa keuangan dan kesehatan di Asia-Pasifik. ZhongAn akan memiliki 49% saham. Perusahaan ini akan memiliki modal awal sebesar US$200 juta itu.

Kedua perusahaan mengumumkan kerja sama tersebut awal bulan ini, namun tidak merinci besarnya jumlah investasi.


ZhongAn akan menominasikan dua orang ke jajaran dewan perusahaan yang baru, sementara SoftBank akan menentukan satu orang anggota dewan, kata CFO ZhongAn Francis Tang pada hari Senin (27/8/2018), setelah perusahaan melaporkan kerugian 655,8 juta yuan (US$95,40 juta) untuk paruh pertama tahun 2018.

SoftBank membeli kurang dari 5% saham ZhongAn saat penawaran publik perdana (IPO) perusahaan asuransi itu di Hong Kong pada bulan September tahun lalu.

"Setelah investasi mereka ke IPO ZhongAn, ... (SoftBank) melihat bahwa teknologi kami dapat diekspor ke beberapa investasi portofolio mereka, jadi mereka ingin mendirikan joint venture ini," kata Tang, melansir Reuters.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading