Cryptocurrency

Bursa Bitcoin India Diretas, Rp 40,5 M Dana Investor Hilang

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 April 2018 11:46
Di Coinsure menyatakan ada 438 Bitcoin yang diretas senilai Rp 40,5 Miliar
Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi peretasan dan pencurian uang digital (cryptocurrency) kembali terjadi. Sekarang aksi ini terjadi di bursa penukaran India bernama Coinsure.

Coinsure menyatakan ada 438 Bitcoin yang tersimpan dalam dompet virtual telah diambil oleh para peretas. Angka ini setara dengan US$3 juta atau setara 40,5 miliar (asumsi US$1 = Rp 13.500). Coinsure mengklaim lebih dari 200.000 pengguna yang bertransaksi di platformnya setiap hari.

"Dengan sangat menyesal kami memberitahu bahwa dana Bitcoin kami telah terpapar dan tampaknya telah disedot ke alamat yang berada di luar kendali kami," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dipasang di situs webnya, seperti dikutip dari Reuters (13/4/2018).


Pakar hukum mengatakan ada kebutuhan untuk mengatur pasar Bitcoin Cs, bukannya memaksakan pembatasan perdagangannya. "Untuk alasan seperti ini ada kebutuhan untuk mengatur pertukaran mata uang digital," kata Anirudh Rastogi, pendiri dan managing partner di TRA Law, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam bisnis teknologi berkembang.

"Mendorong bisnis pertukaran keluar dari ekonomi formal ke ekonomi tunai informal untuk beroperasi di bawah radar akan memperburuk masalah, bukan menyelesaikannya," kata Rastogi.

Coinsecure mengatakan akan memberi kompensasi kepada pelanggan atas kerugian dari dana yang ada.

Sebelumnya, peretasan bursa penukaran pernah terjadi di Jepang. Salah satu bursa penukaran Jepang pernah diretas US$530 juta (Rp 7,12 triliun). Manajemen perusahaan menyatakan telah mengganti semua dana investor yang hilang.

Hingga pukul 11.27 WIB, harga Bitcoin diperdagangkan US$8.130/btc (Rp 109,76 juta), menurut Coinbase. Dalam 24 jam terakhir harga Bitcoin telah melemah 0,02%. Ada 12.944 koin yang diperdagangkan di Coinbase dalam 24 jam terakhir.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading