Pengguna Instagram Segera Bisa Unduh Salinan Kontennya

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 April 2018 14:37
Pengguna Instagram Segera Bisa Unduh Salinan Kontennya
Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram, media sosial berbagi foto dan video milik Facebook, akan segera mengeluarkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh salinan dari semua konten yang telah diunggah di aplikasi, ujar seorang juru bicara pada hari Rabu (11/4/2018).

Pengumuman tersebut dibuat setelah mencuatnya kekhawatiran terkait masalah kerahasiaan data pengguna di platform media sosial, serta banyaknya jumlah data yang disimpan perusahaan.

"Kami sedang membuat fitur portabilitas data baru," ujar seorang juru bicara Instagram via email. Fitur tersebut akan memungkinkan pengguna mengunduh datanya, seperti foto, video, dan pesan singkat, dilansir dari Reuters.

Facebook telah memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya mengunduh foto, pesan-pesan, mengakses iklan, dan juga menyediakan catatan dari semua aktivitas pengguna di media sosial tersebut sejak tahun 2010, namun Instagram belum memiliki fitur semacam itu.

Situs berita TechCrunch pada hari Rabu mengatakan jika Instagram merilis fitur tersebut sebelum tanggal 25 Mei, hal ini akan membantu Instagram mematuhi undang-undang privasi Eropa yang meminta adanya portabilitas data. Aturan itu akan segera dikeluarkan.


Instagram, yang memiliki 800 juta pengguna di seluruh dunia, tidak mengatakan kapan akan meluncurkan fitur tersebut.

Secara terpisah pada hari Rabu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengadakan dengar pendapat dengan anggota parlemen Amerika Serikat (AS) mengenai privasi data setelah terungkapnya penyalahgunaan data terhadap 87 juta penggunanya oleh badan konsultasi politik Cambridge Analytica.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading