Cryptocurrency

Tahun 2017, 46% Mata Uang Digital Gagal Berkembang

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 February 2018 13:39
Kegagalan mata uang digital karena ada yang membawa lari uang investor, tak berhasil mendapatkan pendanaan untuk biayai proyek atau kurang publisitas.
Jakarta, CNBC Indonesia - Meningkatnya popularitas Bitcoin pada 2017 lalu berdampak pada bertambahnya kepercayaan diri beberapa pengembang untuk menerbitkan mata uang digital (cryptocurrency) baru. Namun banyak diantara mereka yang ternyata gagal total.

Berdasarkan penelitian Bitcoin.com dan Tokendata pada tahun 2017 ada 902 mata uang digital yang diluncurkan. Sebesar 46% dari jumlah ini telah gagal berkembang. Faktor  kegagalanan, baik karena gagal menggalang dana untuk menjalankan proyek atau gagal akibat pengembang melarikan diri, membawa uang investor. Total dana yang dibawa kabur totalnya US$10 juta (136 miiliar).

Tetapi kegagalan terbesar dikarenakan tidak mendapatkan publisitas yang cukup. Ada 113 mata uang digital yang masuk kategori ini yang disebut sebagai semi-gagal. Kurangnya aktivitas promosi di media sosial dan komoditas yang kecil memang sering membuat mata uang digital muda tidak berkembang dengan baik.


Pada tahun ini beberapa mata uang digital yang mengalami kegagalan tahun lalu akan mencoba peruntungannya lagi. Tetapi mereka akan menghadapi kompetisi yang lebih ketat.

Perusahaan seperti Kodak telah meluncurkan mata uang digitalnya, KodakCoin untuk menyasar para potografer. Ada mata uang digital baru Otaku Coin yang akan meluncur tahun ini, mata uang berbasis anime.

Pendiri dan CEO Kraken (bursa penukaran Bitcoin Cs) Jesse Powell mengatakan pasar uang digital akan terus mengalami percepatan dan tumbuh walau beberapa pekan ini mengalami penurunan tajam. Bahkan ia memprediksi valuasi Bitcoin Cs akan mencapai US$1 triliun atau setara dengan Rp 13.657 triliun tahun ini.

Anda akan memiliki lebih banyak lulusan universitas dari program uang digital sekarang. Saya pikir kita akan melihat itu berlanjut secara eksponensial mulai dari sekarang," ujar Powell seperti dikutip dari CNBC, Rabu (13/2/2018).
Artikel Selanjutnya

Terus Membaik, Bitcoin Diperdagangkan Rp 152,27 Juta/Koin


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading