Cryptocurrency

Atur Bitcoin, Perancis Bentuk Kelompok Kerja Khusus

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 January 2018 15:25
Kelompok kerja ini akan bertanggung jawab untuk mengusulkan pedoman dan kerangkat peraturan uang digital agar tidak terjadi penyalahgunaan teknologi ini.
Jakarta, CNBC Indonesia — Prancis segera membatasi transaksi mata uang digital (cryptocurrency). Menteri Ekonomi Prancis Bruno Le Maire telah mengumumkan pembentukan kelompok kerja untuk membuat aturan uang digital.

Le Maire mengatakan kelompok kerja ini akan bertanggung jawab untuk mengusulkan pedoman dan kerangkat peraturan uang digital agar tidak terjadi penyalahgunaan teknologi ini.

“Kami menginginkan ekonomi yang stabil. Kami menolak risiko spekulasi dan kemungkinan pengalihan keuangan terkait dengan Bitcoin,” ujar Le Maire seperti dikutip CoinDesk dari kantor berita Les Echos.


Le Maire mengindikasikan kelompok kerja ini akan dipimpin Jean-Pierre Landau, mantan wakil gubernur Bank of France, bank sentral Prancis.


“Jean-Pierre Landau akan bertanggung jawab mengusulkan panduan (guidelines) pada evolusi regulasi ini dan menciptakan kontrol yang lebih baik untuk mencegah terjadinya penghindaran pajak, pencucian uang atau penggunaannya untuk aktivitas terorisme,” ujar Le Maire.

Pembentukan kelompok kerja pembahasan mata uang digital ini terjadi sebulan setelah Le Maire mengusulkan diskusi mengenai mata uang digital pada pertemuan puncuk G-20 pada tahun 2018.

Dia menyatakan akan meminta Argentina memasukkan rencana tersebut pada pertemuan yang akan berlangsung di bulan April ini. 

“Jelas ada risiko spekulasi. Kami perlu mempertimbangkan dan memeriksa ini dan melihatnya… dengan semua anggota G20 yang lain kami bisa mengatur Bitcoin,” kata Le Maire.

Seorang direktur bank sentral Jerman juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya mata uang digital harus diregulasi secara global, tidak hanya di tingkat nasional.
Artikel Selanjutnya

Isu Pelarangan Menguat, Harga Bitcoin Cs Berguguran


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading