Gini Cara CIMB Niaga Syariah Kelola Sampah di Haya Fest

Syariah - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
24 January 2023 17:17
CIMB Niaga Syariah Foto: dok CIMB Niaga Syariah

Jakarta, CNBC Indonesia - CIMB Niaga Syariah akan bekerja sama dengan Waste 4 Change untuk mengatasi pengelolaan limbah sampah pada gelaran Festival Haya Fest yang berlangsung 25 Januari hingga 25 Februari mendatang di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), ITB, Bandung.

Corporate Relation Lead Waste 4 Change, Danindra Azalia mengungkapkan bentuk kolaborasi yang dilakukan bersama gerakan perusahaan kewirausahaan social tersebut yakni berupa jasa event waste management yang meliputi beberapa hal.

Pertama, waste 4 change menyediakan edukasi berupa poster pemilahan sehingga pengunjung yang datang tidak bingung untuk membuang dan membedakan jenis sampah organik dan anorganik.

Kemudian, pihaknya juga akan melakukan pengangkutan sampah, menyediakan plastik sampah terpilah, sampah dibawa rumah pemilahan atau Madras Rubber Factory (MRF) agar sampah bisa dimanfaatkan sebagai produk daur ulang.

"Kita juga akan beri laporan sehingga bisa beri track berapa sampah yang dihasilkan dan beberapa yang didaur ulang," ujarnya dalam press conference, Selaa (24/1/2023).

Tidak hanya untuk pengelolaan sampah Festival Haya Fest, Waste 4 Change juga bekerja sama mengolah sampah dari gedung perkantoran CIMB.

"Kita lakukan daur ulang dengan kerja sama bersama pabrik daur ulang, yang organik olah sendiri, yang residual kerja sama dengan pabrik semen dan akan dijadikan bahan bakar pabrik semen," jelasnya.

Dia pun mengapresiasi baik adanya kerja sama ini. DIa berharap hal ini dapat menginspirasi bank lain mengelola sampah,khususnya dari perbankan dengan baik.

"Kami apresiasi dengan adanya kolaborasi ini untuk Haya Fest Kami sangat apresiasi karena inisiasi baik ini bisa menginspirasi perbankan lainnya menyelesaikan sampah, baik sampah event dan sampah kantor," tambah dia.

Untuk diketahui, dalam Haya Fest ini, selain untuk mengoptimalkan potensi gaya hidup Syariah dan industri halal di Indonesia yang semakin berkembang, juga sebagai bentuk kepedulian CIMB Niaga Syariah dalam mengajak masyarakat luas atas kesadaran lingkungan.

Hal ini dibuktikan dengan salah satu kegiatan menariknya yang berupa Instagram Reels Competition yang mengangkat tema sustainability. Kompetisi ini dapat diikuti dengan membuat video di platform Instagram Reels tentang pendidikan, pemberdayaan perempuan, atau lingkungan.

Head of Sharia Consumer CIMB Niaga, Bung Aldilla mengatakan CIMB Niaga Syariah akan memberikan apresiasi bagi video-video terbaik yang memenangkan kompetisi ini. Dia percaya, kebaikan merupakan bahasa universal yang dapat diterima semua orang.

Karena itu, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan sesuai dengan semangat pihaknya dalam mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs).

"Komitmen kami dalam mendukung sustainability telah kami wujudkan dalam berbagai produk dan inisiatif Program Motor X-TRA Gesits, Green Mortgage Islamic Financing, Sustainable Syndication Islamic Financing, Sustainability Linked Waqf, serta inisiatif lainnya termasuk Instagram Reels Competition ini," terangnya.

Selain IG Reels competitions, terdapat beberapa rangkaian kegiatan lain yang akan digelar sepanjang Haya Fest seperti talkshow inspiratif, dan peluncuran produk baru KPR Xtra Manfaat iB.

Puncak acara Haya Fest akan ditutup dengan penampilan spesial dari KAHITNA yang akan diadakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung, pada 25 Februari 2023.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan undangan untuk menonton penampilan tersebut, dapat mengikuti berbagai program yang disediakan mulai dari tabungan dan investasi hingga pembiayaan dari CIMB Niaga Syariah.


[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading