Jokowi Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh di Dunia

Syariah - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
16 December 2020 06:26
Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) termasuk ke dalam 50 besar dari Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh tahun 2021. Selain Jokowi, ada pula dua orang Indonesia lain yang masuk 50 besar, yakni Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan ulama/anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya.

Selain itu, Jokowi juga menempati urutan ke-12, setelah pada tahun sebelumnya berada di peringkat ke-13. Sementara Said Aqil berada di posisi ke-18 dan Habib Lutfi berada di peringkat ke-32.


Dilansir dari situs resmi The Muslim 500, Jokowi dianggap sebagai Muslim berpengaruh karena menjadi presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari militer atau elit politik. Jokowi sendiri berlatar belakang pebisnis furniture keturunan Jawa yang sederhana.

Dikatakan juga Jokowi memiliki budaya 'blusukan', yakni melakukan kunjungan dadakan untuk melihat dan mendengar langsung dari masyarakat setempat. Hal ini memungkinkan Jokowi untuk secara langsung menyampaikan kekhawatiran dan kritik dari masyarakat, serta memungkinkannya untuk mengembangkan hubungan pribadi yang kuat dengan publik.

"Meskipun pertumbuhan ekonomi tidak seperti yang diharapkan, investasi yang kuat dalam infrastruktur dan layanan sosial memastikan bahwa Jokowi masih mendapatkan dukungan yang kuat dari masyarakat. Ia juga masih dipandang sebagai pemimpin yang jujur dan mengawasi suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta," tulis The Muslim 500, dikutip Rabu (16/12/2020).

Meski begitu, pihak The Muslim 500 juga menuliskan mengenai penanganan Jokowi terhadap pandemi virus corona (Covid-19). Menurut mereka, respon Jokowi lambat atas peristiwa yang sudah menelan jutaan korban jiwa.

"Respons yang lambat dan kekhawatiran awal tentang efek pada ekonomi berarti jarak sosial dan tindakan lain datang terlambat. Juga sulit diterapkan mengingat luasnya negara," tambahnya.

Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2021 diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, bermarkas di Amman, Yordania.

RISSC merumuskan bahwa muslim berpengaruh adalah muslim yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Namun perlu dicatat jika dampak tersebut bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading