Kabar Reshuffle Kabinet Jokowi: dari Risma sampai Sandiaga

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 December 2020 09:10
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai saat ini belum menunjuk siapa yang akan duduk di kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Menteri Sosial, setelah dua menteri sebelumnya Edhy Prabowo dan Juliari P Batubara terjerat skandal dugaan korupsi.

Sejumlah usulan nama pun muncul di kalangan masyarakat.

Sebelum adanya kasus korupsi yang menjerat Edhy Prabowo dan Juliari P Batubara, Jokowi juga sempat memberikan sinyal untuk merombak (reshuffle) kabinet Indonesia Maju. Perombakan kata Jokowi bisa dilakukan kapan saja.


Mantan Gubernur DKI ini lantas angkat bicara mengenai persepsi yang mengatakan kepala pemerintahan tidak memiliki kekuasaan dalam mengganti posisi menteri yang berasal dari partai politik, terutama partai pendukung.

Sebagian orang menganggap, proses penggantian menteri yang berasal dari elite politik harus dikonsultasikan dengan ketua umum partai terkait. Namun, Jokowi menegaskan hal itu tidak berlaku baginya.

"Ndak. Saya kira kalau memang tidak baik, saya akan bilang saya ganti. Saya masih, saya biasa bicara seperti itu," ujar Jokowi dalam program Rosi di Kompas TV yang ditayangkan pada Senin (16/11/2020), dikutip CNBC Indonesia Selasa (15/12).

Sikap tegas Jokowi, bahkan juga berlaku bagi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menegaskan tidak memiliki beban apapun jika memang harus mengganti jajaran kabinetnya. Kepala negara mengaku telah memiliki dasar sendiri dalam memperhitungkan kinerja para menterinya.

"Untuk kebaikan negara, saya kira semua akan saya lakukan," tegasnya.

Jokowi mengakui masih ada jajaran kabinet Indonesia Maju yang belum memenuhi ekspektasinya.

Lantas siapa yang siapa yang akan masuk bursa kabinet Indonesia Maju, menggantikan Edhy Prabowo dan Juliari P Batubara? 


NEXT: Ada 2 Nama Figur Publik, Siapa ya

Sandiaga Uno Jadi Menteri KKP?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading