Wapres: Merger Bank Syariah BUMN Tuntas 2021, Setara BUKU IV

Syariah - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
26 August 2020 17:25
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam acara pelantikan pengurus DPP IAEI 2019-2023 (Dok. Humas Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin angkat suara perihal rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Erick Thohir menggabungkan bank-bank syariah pelat merah.

Dalam wawancara khusus dengan CNBC Indonesia, Rabu (26/8/2020), Wapres mengungkapkan langkah itu penting dalam pengembangan perbankan syariah di tanah air.

"Supaya kita punya bank besar yang bisa menangani proyek-proyek yang besar sehingga bagi mereka yang ingin bergerak di syariah tidak kesulitan memperoleh pembiayaan, di samping tentu lembaga-lembaga keuangan non bank dan lembaga-lembaga keuangan lainnya. Ini dalam rangka memperkuat sistem keuangan syariah di Indonesia," katanya.



Saat ditanya tenggat konsolidasi, Kiai Ma'ruf bilang paling lambat merger bank syariah pelat merah tuntas tahun depan. 

"Supaya dia jadi bank besar yang bisa melayani lebih besar kebutuhan permodalan syariah," ujarnya.

Perihal kategori bank, Kiai Ma'ruf berharap hasil merger bank syariah itu akan setara dengan bank umum kelompok usaha (BUKU) IV. Sejauh ini sudah ada tujuh bank kategori BUKU IV antara lain tiga bank Himbara plus BCA, CIMB Niaga, Panin, dan Danamon.

"Kalau tiga atau empat bank ini disatukan ditambah lagi modalnya diperbesar saya kira kita harapkan dia akan menjadi paling nggak BUKU IV. Jadi dia bisa bersaing. Jangan sampai BUKU II paling tinggi BUKU III. Sehingga kemampuan menangani proyek-proyek berbasis syariah tentu lebih besar lagi. Itu salah satu upaya yang sedang kita lakukan," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading