Awal Pekan, Harga Koin Emas Dinar Menguat ke Rp 3.518.384

Syariah - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
13 July 2020 19:06
Dinar (Rumahdinarcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga koin emas dinar produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menguat pada perdagangan Senin (13/7/2020), dibandingkan harga pada Jumat pekan lalu. Kenaikan harga koin logam mulia ini sejalan dengan reli emas batangan atau yang biasa disebut emas Antam.

Berdasarkan data dari situs logammulia.com, koin 1 dinar dengan kemurnian Au 91,7% hari ini dibanderol Rp 3.518.384, naik Rp 3.897 dibandingkan harga Jumat pekan lalu, harga tersebut belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Koin 1 dinar ini memiliki berat 4,25 gram.

PT Antam Tbk juga menjual koin ½ dinar, 2 dinar, dan 4 dinar. Ada juga koin dinar dengan kemurnian FG 99,99%, dimana harga 1 koin hari ini dibanderol Rp Rp 3.808.000, tidak berubah ketimbang pekan lalu.


Sementara itu harga emas batangan Antam hari ini naik Rp 1.000/gram, emas batangan 100 gram yang biasa menjadi acuan hari ini dibanderol Rp 88.120.000/batang.

Baik koin dinar maupun emas Antam pergerakannya cenderung mengikuti harga emas dunia. Pada perdagangan Jumat lalu, harga emas dunia terkoreksi akibat aksi ambil untung (profit taking), tetapi pagi ini perlahan kembali naik.

Outlook untuk emas dunia sendiri masih positif, banyak analis yang memprediksi rekor harga tertinggi US$ 1.920/troy ons yang dicapai pada September 2011 lalu akan berhasil dilewati. Apalagi, kondisi ekonomi global masih diliputi ketidakpastian akibat penyakit virus corona (Covid-19) yang tren penambahan kasusnya secara global kembali menanjak.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), pada Minggu kemarin jumlah kasus baru bertambah lebih dari 230 ribu orang dalam kurun waktu 24 jam. Itu menjadi penambahan kasus harian terbanyak sejak virus corona menyerang dunia. Total kasus Covid-19 di seluruh dunia saat ini lebih dari 13 juta kasus. 

Selain itu, pekan lalu WHO juga mengkonfirmasi virus corona dapat menyebar melalui udara di dalam ruangan dengan sirkulasi yang buruk. Karenanya, kasus Covid-19 kemungkinan masih dalam tren menanjak, pemulihan ekonomi global terancam mundur, bahkan ada risiko terjadi resesi dalam dan berlangsung dalam periode yang lama.

Kondisi tersebut memberikan keuntungan bagi emas yang merupakan aset aman (safe haven). Kala emas dunia terus menguat, harga koin dinar juga akan terkerek naik.

Selain koin dinar, PT Aneka Tambang juga menjual koin dirham yang berbahan dasar perak. 1 koin dirham dengan kemurnian Ag 99,95% dibanderol Rp 83.965, masih sama dengan harga akhir pekan lalu. 1 koin dirham ini memiliki berat 2,975 gram.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading