Ikuti Emas Dunia, Harga Koin Dinar Naik 1%

Syariah - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
04 September 2019 17:18
Ikuti Emas Dunia, Harga Koin Dinar Naik 1%
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia melesat naik pada perdagangan Selasa (3/9/19) kemarin, bahkan mencapai rekor penutupan tertinggi tahun ini di kisaran US$ 1.549/troy ons.

Akibat kenaikan tersebut, harga produk berbahan dasar emas di dalam negeri ikut terkerek naik, koin dinar menjadi salah satunya.

Pada perdagangan Rabu harga 1 koin dinar dengan kemurnian Au 91,7% di Butik Logam Mulia PT Antam Tbk. senilai Rp 2.918.210 atau naik hampir 1% dibandingkan harga awal pekan lalu, Senin (2/9/19). 1 koin dinar ini memiliki berat 4,25 gram.


Selain koin 1 dinar, PT Antam Tbk. juga menjual koin ¼ dinar seharga Rp 772.546, menguat 0,9% dibandingkan perdagangan Senin. PT Antam Tbk juga menjual koin ½ dinar, 2 dinar, dan 4 dinar. Ada juga koin dinar dengan kemurnian FG 99,99%.


Ke depannya harga emas diprediksi masih akan melanjutkan kenaikan akibat kondisi ekonomi global yang dipenuhi ketidakpastian. Kondisi ekonomi AS yang memburuk membuat harga emas dunia melesat naik pada perdagangan Selasa kemarin.



Data yang dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) Selasa kemarin menunjukkan aktivitas manufaktur AS berkontraksi di bulan Agustus. Yang lebih parah, kontraksi tersebut merupakan yang pertama dalam tiga tahun terakhir. "Hantu" resesi kembali menggentayangi Negeri Paman Sam.

Badan Pusat Statistik (BPS) saat mengumumkan inflasi Indonesia awal pekan lalu mengatakan kenaikan harga emas menjadi salah satu penyumbang inflasi, dan ke depannya harga emas masih mungkin naik lagi.

"Pergerakan harga emas, kita tahu kondisi global tidak pasti sehingga investor dan masyarakat beralih ke emas untuk investasi aman. Makanya harganya naik cukup signifikan," ungkap Kepala BPS Suhariyanto.

Komoditas emas perhiasan ini menurut Suhariyanto memberikan andil inflasi 0,05% di Agustus 2019.


"Kenaikan ini akan mengikuti kenaikan harga emas di pasar Internasional karena ketidakpastian global sehingga investor beralih [ke emas]. Lihat situasi ini kemungkinan harga emas masih akan beranjak naik," jelas Suhariyanto.

"Melihat situasi ini kemungkinan harga emas masih akan beranjak naik," tegas Suhariyanto.

Dengan harga emas diprediksi masih akan naik lagi, harga koin dinar pasti akan kembali bersinar.


TIM RISET CNBC INDONESIA 

Simak Video Risiko Membayang, Emas Jadi Idaman

[Gambas:Video CNBC]



(pap/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading