Koin Dinar Kian Bersinar, Harga Emas Diramal Masih Naik

Syariah - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
02 September 2019 16:07
Koin Dinar Kian Bersinar, Harga Emas Diramal Masih Naik

Jakarta, CNBC Indonesia - Sama dengan emas batangan, koin emas merupakan salah satu aset investasi yang sedang naik daun di tahun ini. Hal tersebut tidak lepas dari kenaikan harganya yang fantastis. Selain emas batangan dan koin, koin emas dinar juga harganya meningkat signifikan.

Koin Dinar dikenal sebagai alat perdagangan resmi yang paling stabil dan sesuai syariah sejak berabad-abad lamanya. Selain itu dapat juga digunakan untuk pembayaran zakat, alat investasi/simpanan, dan mahar.


Berbahan dasar emas, harga koin dinar tentunya mengikuti pergerakan emas dunia yang terus mencetak rekor tertinggi tahun ini di bulan Agustus. Meski saat ini harga emas dunia sedang terkoreksi turun, tetapi ke depannya bisa kembali menguat, dan tentu saja akan mengerek naik harga koin dinar.

Kenaikan harga emas juga diprediksi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini saat mengumumkan data inflasi Indonesia bulan Agustus. Logam mulai menjadi salah satu penyumbang inflasi utama akibat kenaikan harganya yang tinggi.

"Pergerakan harga emas, kita tahu kondisi global tidak pasti sehingga investor dan masyarakat beralih ke emas untuk investasi aman. Makanya harganya naik cukup signifikan," ungkap Kepala BPS Suhariyanto.

Komoditas emas perhiasan ini menurut Suhariyanto memberikan andil inflasi 0,05% di Agustus 2019. 

"Kenaikan ini akan mengikuti kenaikan harga emas di pasar Internasional karena ketidakpastian global sehingga investor beralih [ke emas]. Lihat situasi ini kemungkinan harga emas masih akan beranjak naik," jelas Suhariyanto.

"Melihat situasi ini kemungkinan harga emas masih akan bernajak naik," tegas Suhariyanto.


Harga emas dunia di pasar spot hari ini Senin (2/9/19) pukul 15:38 WIB berada di kisaran US$ 1.521,51/troy ons atau menguat  0,11% dibandingkan penutupan perdagangan Jumat. Sementara harga koin 1 dinar dengan kemurnian Au 91,7% di Butik Logam Mulia PT Antam Tbk. senilai Rp 2.890.773. 1 koin dinar ini memiliki berat 4,25 gram. 

Kenaikan harga emas dunia pada hari ini akan berdampak pada harga emas Antam besok, begitu juga dengan harga koin dinar.  

Selain koin 1 dinar, PT Antam Tbk. juga menjual koin ¼ dinar seharga Rp 765.702. PT Antam Tbk juga menjual koin ½ dinar, 2 dinar, dan 4 dinar. Ada juga koin dinar dengan kemurnian FG 99,99%.

TIM RISET CNCB INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]

 

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading