Kapan Ilham Habibie akan 'Kuasai' Bank Muamalat?

Syariah - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
22 April 2019 18:14
Kapan Ilham Habibie akan 'Kuasai' Bank Muamalat?
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mualamat Tbk (Bank Muamalat) akan mengalami perubahan kepemilikan saham dalam waktu dekat. Ilham Habibie melalui Al Falah Investments PTE Limited akan menyerap 77,1% dari hasil seluruh Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue Bank Muamalat sebesar Rp 2,2 triliun

Dengan begitu, Ilham Habibie melalui Al Falah menjadi pengendali di Bank Muamalat dengan kepemilikan saham sebesar 50,3%. Tapi, kapan rencana akuisisi ini akan dilaksanakan? 

Berdasarkan prospektus, penandatanganan akta akuisisi Bank Muamalat ditargetkan dilakukan pada bulan Mei 2019. Di waktu yang sama, Bank Muamalat juga akan menyerahkan salinan akta akuisisi dan melakukan pemberitahuan perubahan pemegang saham kepada Kementerian Hukum dan HAM. 


"Penandatanganan akta akuisisi Bank Muamlat, jika sudah mengantongi persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)" demikian tertulis dalam prospektus. 

Kapan Ilham Habibie akan 'Kuasai' Bank Mualamat?Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

Bank Muamalat dijadwalkan menyampaikan permohonan kepada OJK atas rencana akuisisi ini pada bulan April ini. Penyampaian permohonan itu juga sekaligus uji kemampuan dan kepatutan Al Falah sebagai kandidat pemegang saham pengendali Bank Muamalat. 

Perusahaan juga akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 17 Mei mendatang. Pengumuman RUPSLB kepada pemegang saham akan dirilis pada 25 April pekan ini. Hasil RUPSLB akan diumumkan pada 21 Mei.

Setelah proses akuisisi rampung maka kepemilikan saham di Bank Muamalat mengalami perubahan. Adapun Kepemilikan saham Islamic Development Bank di Bank Muamalat yang tadinya sebesar 32,7% akan berkurang menjadi 11,4%. Begitu juga dengan kepemilikan saham oleh Boubyan Bank yang semula 22,0% berkurang menjadi hanya 7,7%. Atwill Holdings Limited yang memiliki 17,9% saham Bank Muamalat berkurang kepemilikannya menjadi 6,2%.

Selain itu, National Bank of Kuwait yang memegang 8,5% saham Bank Muamalat berkurang menjadi 2,9%. Serupa, 3,5% saham IDF Investment Foundation berkurang menjadi 1,2%. Begitu juga dengan BMF Holdings Limited yang hanya akan memiliki 1,0% saham dari awalnya memiliki 2,8% saham Bank Muamalat. 

Al Falah kemudian akan menggeser kepemilikan mayoritas yang semula dipegang Islamic Development Bank. Al Falah akan menguasai 50,3% saham Bank Muamalat dengan jumlah saham 14.749.759.583 saham. Bila terdapat pembeli siaga maka saham akan diberikan kepada pembeli siaga tersebut sebanyak 2.602.898.750 atau 8,9%. Sementara, pemegang saham minoritas lainnya akan memegang 10,5% saham yang saat ini memegang 12,6% saham. 

Bila pemegang saham eksisting tidak menyerap haknya dalam rights issue Bank Muamalat maka Al Falah dapat menyerap saham-saham tersebut.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading