Buat yang Mau Umrah, Ini Kurs Riyal Terhadap Rupiah Terbaru

Syariah - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
12 March 2019 - 15:49
Buat yang Mau Umrah, Ini Kurs Riyal Terhadap Rupiah Terbaru
Jakarta, CNBC Indonesia - Ibadah umrah ke Tanah Suci Mekah memang bisa dilakukan kapan saja. Namun ada saat-saat yang bisa dibilang pas untuk melakukan ibadah yang sering disebut haji kecil ini. 

Pertama adalah kala Ramadan. Rasullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan HARI Bukhari dan Muslim menyebut bahwa ibadah umrah yang dilakukan pada Ramadan pahalanya setara dengan haji. 

Kedua adalah pada Maret hingga Mei, karena saat itu adalah musim dingin di Arab Saudi. Cuacanya relatif lebih bersahabat untuk orang Indonesia yang tinggal di iklim tropis. 


Nah, berarti saat ini menjadi momentum yang tepat untuk menjalankan umrah. Salah satu yang perlu diketahui adalah biaya selama di Arab Saudi. 

Untuk bisa memperkirakan berapa yang dibutuhkan, ada baiknya mengetahui nilai tukar mata uang riyal Arab Saudi. Dengan begitu calon jamaah bisa mengetahui berapa rupiah yang diperlukan untuk kemudian ditukarkan ke riyal. 

Pada Selasa (12/3/2019) pukul 15:22 WIB, SAR 1 dibanderol Rp 3.802. Rupiah menguat 0,18% dibandingkan hari sebelumnya. Sejak awal tahun, rupiah mampu menguat 0,76% di hadapan riyal. 

Rupiah sudah menguat lumayan tajam terhadap riyal dalam beberapa bulan terakhir. Riyal pernah menyentuh posisi terkuatnya sepanjang sejarah yaitu Rp 4.061 pada Oktober 2011. Selepas itu, rupiah berangsur-angsur menguat hingga riyal relatif stabil di kisaran Rp 3.800. 

 

Ke depan, peluang rupiah untuk lebih kuat tetap terbuka. Posisi rupiah sepertinya akan ditentukan oleh perkembangan harga minyak. Sebab impor terbesar Indonesia dari Arab Saudi adalah minyak mentah, yang selama Januari-Desember 2018 bernilai US$ 2,72 miliar.  

Ketika harga minyak naik, maka Arab Saudi akan menerima lebih banyak devisa sehingga riyal menguat. Sebaliknya saat harga minyak turun maka Indonesia bisa menghemat devisa sehingga rupiah punya posisi yang lebih baik di hadapan riyal. 

Bank Dunia memperkirakan rata-rata harga minyak dunia sepanjang 2019 sebesar US$ 65/barel, tidak berubah dibandingkan tahun sebelumnya. Artinya, kemungkinan devisa dari Indonesia yang mengalir ke Arab Saudi tidak melonjak signifikan sehingga rupiah punya posisi tawar yang lebih baik. 

Jadi, sekarang sepertinya tepat untuk mulai merencanakan umrah. Mumpung rupiah sedang menguat...


TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading