Perkuat Bisnis, BNI Buka Opsi Akuisisi Bank Syariah

Syariah - Yanurisa Ananta & Tahir Saleh, CNBC Indonesia
23 January 2019 19:20
Perkuat Bisnis, BNI Buka Opsi Akuisisi Bank Syariah
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menegaskan akan membuka beberapa opsi memperbesar pertumbuhan bisnis secara anorganik termasuk mengakuisisi bank syariah kendati sudah memiliki PT Bank BNI Syariah.

Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan perseroan akan menjajaki peluang akuisisi tersebut termasuk bank syariah untuk melengkapi visi perseroan sebagai lembaga keuangan yang menguntungkan.

"Kami masih bisa akuisisi syariah lagi. Multifinance kecil masih bisa kami besarkan, potensinya masih ada. Kami sedang pelajari. Saya kasih tahu setengah saja. Mungkin yang [bank] kecil bisa kami ambil juga untuk kembangkan micro banking," kata Herry dalam konferensi pers Kinerja Full Year 2018, di Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Dikonfirmasi kembali mengenai rencana membeli bank syariah lagi, Herry menegaskan tujuan utamanya ialah untuk saling melengkapi secara operasional dan menggenjot peningkatan laba.

"Kami akan optimalkan potensi sebagai lembaga keuangan baik yang konvensional maupun syariah," katanya dalam pesan singkatnya.


Selain bank syariah, sebelumnya Herry juga menegaskan pihaknya masih membuka peluang mengakuisisi bank dan asuransi kerugian dengan menyiapkan dana sekitar Rp 3-4 triliun.

"Sebagaian besar mungkin kami juga akan melakukan akuisisi ada beberapa perusahaan yang jadi target baik di perbankan maupun di insurance untuk melengkapi kami sebagai visi lembaga keuangan yang profitable nantinya," katanya.

Hanya saja Herry belum membeberkan kriteria perbankan yang diincar dan detail perusahaan asuransi kerugian yang dibidik. Dia hanya menegaskan semua kemungkinan akuisisi tetap terbuka untuk melengkapi bisnis BNI, terutama untuk mengakomodasi dengan tren yang ada saat ini yakni digital banking.

Herry menjelakan sumber dana akuisisi nantinya terbuka dari kas internal, membentuk modal ventura (venture capital), atau pendanaan eksternal.

Saat ini, BNI group sudah memiliki lima perusahaan anak yakni BNI Syariah, BNI Life, BNI Multifinance, BNI Sekuritas dan BNI Asset Management. Kelima perusahaan ini pada 2018 mampu memberikan kontribusi 9,24% terhadap total laba BNI konsolidasian.



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading