Mengenal Konsorsium Calon Penyelamat Bank Muamalat

Syariah - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
28 September 2018 16:49
Konsorsium Penyelamat Muamalat

Konsorsium Penyelamat Muamalat

Adapun Anto menyampaikan konsorsium tersebut yakni Ilham Habibie, Arifin Panigoro, Lynx Asia, dan SSG.

Lynx Asia Partners Pte Ltd

Lynx Asia merupakan perusahaan global penasihat investasi. Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini biasa berinvestasi di private equity.


SSG Capital Management Ltd

SSG merupakan perusahaan manajemen aset yang didirikan pada 2009 dan berkantor pusat di Hong Kong. Perusahaan ini merupakan asset management dan penasihat investasi global.

Ilham Habibie

Ilham Habibie atau Ilham Akbar Habibie merupakan anak pertama dari Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Ia juga merupakan Komisaris Regio Aviasi Industri yang mengembangkan pesawat R80.

Ditemui di kawasan Mega Kuningan, Putra dari Mantan Presiden RI ke-3 BJ Habibie tersebut mengungkapkan alasan utama dirinya bergabung dalam Bank Muamalat.

"Lebih ke panggilan umat ya, jadi itu idenya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang pada awalnya mendirikan Bank Muamalat. Nah kebetulan bapak (BJ Habibie) juga dulu pemimpin dari ICMI ya jadi memang menjadi tanggung jawab saya juga memajukan Bank Muamalat," ujar Ilham, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, secara organisasi dirinya tidak bisa menyampaikan rencana kedepan dan yang harus dilakukan untuk memberikan langkah perbaikan bagi Bank Muamalat.

Namun, secara pribadi setidaknya perombakan modal bisnis dan sumber daya manusia (SDM) yang dirubah menjadi salah satu cari memperbaiki kondisi perusahaan.

"SDM-nya menurut saya yang harus di-upgrade, lalu bisnis modelnya juga harus diubah walaupun tidak secara besar-besaran," tambah Ilham.

Dirinya menambahkan, ke depannya Bank Muamalat juga harus melakukan penekanan terhadap portofolio pembiayaan yang lebih banyak berfokus pada sektor ritel dan komersial.

Arifin Panigoro

Arifin Panigoro merupakan pendiri Medco Energi International. Perusahaan Minyak dan Gas. Arifin Panigoro juga memiliki saham di PT Amman Mineral Internasional. Arifin juga memiliki saham di jasa keuangan bank walaupun minoritas. Adalah Bank Woori Saudara.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading