Unit Usaha Syariah Seluruh BPD Bakal Dimerger

Syariah - gita rossiana, CNBC Indonesia
01 March 2018 10:55
Unit Usaha Syariah Seluruh BPD Bakal Dimerger
Jakarta, CNBC Indonesia - Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) berencana untuk menggabungkan seluruh unit usaha syariah (UUS) yang dimiliki oleh BPD. Potensi modal inti dari hasil penggabungan tersebut mencapai Rp 3 triliun.

Ketua Umum Asbanda Kresno Sediarsi menjelaskan, sampai saat ini sudah 12 BPD yang berkomunikasi dengan Asbanda perihal merger tersebut. Adapun potensi aset dari merger tersebut mencapai Rp 30 triliun dan modal inti Rp 3 triliun atau setara bank BUKU II.

"Itu awal yang bagus kalau dimulai dengan skala yang baik, dari sisi efisiensi juga baik," kata dia saat ditemui di acara BPKH, Jakarta, seperti dikutip Kamis (1/3/2018).


Dengan adanya penggabungan tersebut, UUS yang sudah bersatu bisa saling mendukung dan bekerjasama. "Beda halnya kalau masing-masing harus memiliki sendiri (bank syariah)," terang dia.

Kendati sudah ada wacana tersebut, namun menurut Kresno Asbanda perlu melakukan kajian lebih mendalam. "Perlu ada pandangan dari berbagai pihak," kata dia.

Sementara itu, terkait penggabungan Bank-Bank Pembangunan Daerah (BPD) menurut Kresno belum bisa terlaksana. "Kalau itu belum bisa," terang dia.

Terkait BPD konvensional, hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan integrasi dalam hal teknologi. Adapun bentuknya bisa melalui penyatuan ATM untuk mendukung layanan di ranah pemerintah daerah.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading