Cara Pemerintah Pacu Geliat Ekonomi Syariah

Syariah - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 February 2018 18:43
Cara Pemerintah Pacu Geliat Ekonomi Syariah
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memiliki cara tersendiri dalam mengimpelementasikan program Kemitraan Ekonomi Umat. Pemerintah ingin, program ini mendorong peningkatan kesejahteraan maupun pembangunan ekonomi yang berkeadilan.

Hari ini, Rabu (14/2/2018), dalam Rapat Kerja Nasional Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Palembang, implementasi program tersebut dilakukan dengan mempertemukan kelompok usaha dengan kelompok keagamaan.

Forum kemitraan ini bertujuan membangun sinergi pelaku usaha, dan kelompok keagamaan. Kemitraan ini akan dibangun berdasarkan prinsip kesetaraan antara usaha besar dengan kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


Dalam sambutannya, Menko Darmin menilai, sebagai salah satu negara muslim terbesar di dunia, maka pengembangan ekonomi syariah perlu terus dilakukan agar memberikan manfaat bagi kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

“Untuk memberikan manfaat bagi ekonomi negara, maupun bagi kesejahteraan umat pada khususnya,” kata Darmin, dikutip melalui siaran pers.

Program ini, kata dia, diharapkan menjadi langkah strategis untuk membangun sinergi dan kemitraan antara pelaku usaha skala besar dan pelaku UMKM. Kedua belah pihak pun bisa bertukar pikiran, untuk menopang pengembangan UMKM.

Mantan Guberur BI itu menginginkan, agar program yang diluncurkan sejak 21 Desember 2017 itu berada pada koridor rencana besar pemerintah dalam mendorong peningkatan kesejahteraan maupun pembangunan ekonomi yang berkeadilan.

“Kami akan memantau, mendukung, dan bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan guna memastikan pembangunan ekonomi berkeadlian dapat terlaksana dengan baik dan mencapai sasaran,” ungkapnya. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading