Newsdata

Gak Hanya di RI, Gaji Guru di AS Ternyata Juga Pas-Pasan Loh

Research - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
31 March 2023 11:50
guru Foto: Pexels

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang yang karier bergaji tinggi saat merencanakan masa depan sebagian besar mungkin mencoret "guru" dari daftar wishlist.

Bukan tanpa alasan, guru terkenal dibayar rendah bukan hanya di Indonesia ternyata, di Amerika Serikat (AS) ternyata profesi ini mengalami hal yang sama.

Padahal, sang first Lady Jill Biden adalah juga seorang pengajar.

Berdasarkan data Biro Statistik Tenaga Kerja terbaru gaji tahunan rata-rata di AS lebih dari US$ 61.000 per tahun atau setara dengan Rp 915 juta (Kurs Rp 15.000).

Artinya, jika di rata-ratakan per bulan gaji guru di AS menjadi US$ 5.083 mencapai Rp 76,25  juta. Ini terbilang besar kalau di Indonesia.

Namun, masih rendah bila dibandingkan Upah Minimum AS per bulan di kisaran US$ 1.160 per bulan.

Bayaran dengan besaran ini masih termasuk kecil di AS. Menurut Economic Policy Institute, gaji yang rendah dan stres yang tinggi adalah dua kontributor utama kekurangan guru nasional yang telah berkembang dan memburuk sejak masa The Great Depression.

Sekarang, beberapa anggota Kongres berharap untuk mengatasi masalah gaji.

Senator Bernie Sanders telah memperkenalkan Undang-Undang Gaji Guru yang bertujuan untuk menetapkan gaji minimum nasional untuk guru sekolah negeri sebesar US$ 60.000 menggunakan dana federal.

RUU tersebut bergabung dengan RUU lain yang diperkenalkan akhir tahun lalu.

Undang-Undang Guru Amerika oleh Rep. Frederica Wilson, D-Fla., dan Rep. Jamaal Bowman, D-N.Y., yang akan mendorong negara bagian untuk menaikkan gaji guru hingga minimum US$ 60.000 menggunakan dana bantuan dari Dinas Pendidikan.

Tidak jelas apakah salah satu RUU memiliki peluang untuk melewati Kongres dan seberapa cepat itu bisa terjadi.

Saat ini, menurut penelitian WalletHub gaji rata-rata guru di 37 negara bagian dan Distrik Columbia berada di bawah US$ 60.000.

Gaji guru sangat bervariasi tergantung di mana yang ditinggali. Mengajar di New York, negara bagian dengan bayaran tertinggi, bisa berarti menghasilkan sekitar US$ 33.000 lebih banyak daripada mengajar di Hawaii, negara bagian dengan gaji guru rata-rata terendah.

Negara Dengan Gaji Guru Tertinggi

Tiga negara bagian yang paling banyak membayar guru semuanya menawarkan rata-rata lebih dari US$ 70.000 per tahun.

New York memimpin negara dalam gaji guru dengan gaji rata-rata US$ 80.286, menurut WalletHub. Bila dirupiahkan maka gaji guru mencapai Rp 1,2 miliar per tahun.

Tidak hanya gaji guru yang relatif baik di Empire State, tetapi para pendidik menikmati salah satu lingkungan kerja terbaik di negara ini berdasarkan metrik seperti ukuran kelas, akses ke materi pengajaran, dan kualitas sistem sekolah.

Faktor-faktor ini dan lainnya membantu peringkat New York sebagai negara bagian terbaik untuk guru secara keseluruhan dalam analisis WalletHub.

Inilah penghasilan guru di lima negara bagian dengan bayaran tertinggi.

Negara Dengan Gaji Guru Terendah, Ada Indonesia?

Di sisi lain dari skala gaji, para guru, rata-rata, berpenghasilan paling rendah US$ 47.156 setahun di Hawaii, negara bagian dengan gaji terendah.

Mungkin sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan dengan upah yang tidak sesuai dengan biaya hidup negara yang terkenal tinggi.

Berikut adalah lima tempat di mana guru dibayar paling rendah.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

(aum/aum)

[Gambas:Video CNBC]