Mesty Ariotedjo, Cantik, Kaya, & Masuk Forbes 30 Under 30

Profil - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
14 October 2018 09:15
Mesty Ariotedjo, Cantik, Kaya, & Masuk Forbes 30 Under 30
Jakarta, CNBC Indonesia - Cantik, muda, kaya, dan inspiratif. Itulah empat kata yang mewakili sosok Mesty Ariotedjo.

Mesty tak hanya dikenal sebagai selebriti tapi juga praktisi kesehatan. Bahkan kini wanita yang baru saja melahirkan anak pertama itu sedang mengambil pendidikan dokter spesialis anak di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Memakai busana kasual dengan rambut tergerai panjang, Mesty Ariotedjo sedikit bercerita mengenai kegiatan sebagai seorang ibu, dokter, hingga filantropi di bidang kesehatan.


Putri dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo serta sosialita Arti Laksmigati itu juga mengisahkan perjuangan membangun WeCare.id, sebuah situs yang membantu banyak orang hingga masuk Forbes 30 Under 30 Asia.

Dengan bahasa yang ramah dan komunikatif, simak wawancara Mesty bersama CNBC Indonesia saat ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Halo Mesty. Bisa diceritakan apa saja kegiatan saat ini?
Saya baru saja melahirkan dua bulan lalu. Sekarang saya lagi cuti akademik. Ya, saya lagi ambil dokter spesialis anak di FK UI, saya cuti enam bulan. Jadi saya sekarang masih full time ibu rumah tangga.

Paling mengisi waktu dengan beberapa talkshow dan paling penting mengurus WeCare.id.

Bisa diceritakan terkait pendirian WeCare.id?
Jadi saya mendirikan suatu organisasi namanya WeCare.id sejak Oktober 2015. WeCare.id sendiri merupakan sebuah situs yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien di daerah terpencil atau yang membutuhkan akses terhadap perawatan kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Saya pernah berpengalaman sebagai dokter di Flores waktu itu. Mereka punya jaminan kesehatan tapi fasilitasnya nggak ada. Mereka banyak yang meninggal dan terlantar.

Karena pengalaman itu jadi kami dari WeCare.id akan menjembatani apa yang kurang. Misalnya transportasi atau fasilitas dokter yang kurang kami cari dana untuk itu.

Berapa donasi yang sudah dikumpulkan saat ini?
Alhamdulillah sampai saat ini sudah tercpaai Rp 5 miliar. Donasi untuk lebih dari 500 pasien dengan jumlah donaturnya lebih dari 4 ribu orang. Dari situ saya enggak puas, kenapa kita hanya memberi, apa yang bisa dikembangkan lagi.

Jadi sekarang mereka enggak hanya memberikan donasi akhirnya tapi muncul program baru namanya Sehati indonesia dan ini baru digemborkan Oktober ini.

Dengan Sehati Indonesia, donatur yang menjadi anggota Sehati Indonesia bisa berbuat baik untuk diri sendiri. Mereka bisa konsultasi kesehatan kapan saja, general check up gratis, dan banyak manfaat lain dari Sehati Indonesia ini.

Apakah WeCare.id bekerja sama dengan rumah sakit?
Kami sudah benar-benar MoU dengan 20 rumah sakit, termasuk RS Dr. Cipto Mangunkusumo, RS Dr. Hasan Sadikin Bandung, dan masih banyak lagi, tapi yang sudah kerja sama ada 80 rumah sakit.
Mesty Ariotedjo, Cantik, Kaya, & Masuk Forbes 30 Under 30Foto: Instagram @mestyariotedjo


Sosok Mesty sempat masuk Forbes 30 Under 30 Asia di 2016. Boleh diceritakan mengenai hal itu?
Kebetulan di 2016 mereka (Forbes) sangat tertarik dengan WeCare.id ini di mana kami menjadi jembatan nasional bahwa setiap individu berhak mendapat pelayanan kesehatan merata.

Jadi WeCare.id juga memperhitungkan biaya transfer pasien ke pelayanan kesehatan rujukan, makanan, akomodasi, hingga obat. WeCare.id juga memfasilitasi untuk orang Indonesia di daerah terpencil yang tidak memiliki JKN untuk memproses kepemilikan JKN.

Mesty juga dikenal sebagai pemain harpa, bagaimana kegiatan di industri musik sekarang ini?
Masih jalan. Sekarang sedang proses launching album yang full cuma main harpanya kurang karena saya semasa hamil nggak boleh bawa berat. Jadi saya lebih sebagai hobi sih kalau musik sekarang.

Kalau profesional kayak beberapa event saja. Pendidikan saya juga yang formal nggak dari segi musik jadi memang lebih sebagai hobi saja.

Bagaimana dengan rutinitas kecantikan seorang Mesty?
Saya tipe yang simpel saja. Kalau produknya bagus tapi dari dalam enggak dikontrol juga sama saja. Minum air putih wajib satu setengah liter sampai dua liter.

Tidur cukup harus karena kalau tidur cukup pasti kulitnya beda. Makanan paling berpengaruh sih.

Makanan yang mengandung gula terlalu tinggi sehingga mudah mentransfernya menjadi lemak, bisa mencetuskan jerawat dan wajah beruntusan.

Kalau sehari-hari aku biasanya suka pakai BB powder saja sama lipstik.

Sebagai perempuan muda yang inspiratif, bagaimana investasi ala Mesty?
Saya cenderung maunya aman, pelan nggak apa-apa. Jadi saya lebih memilih menabung, deposito, dan emas.

Sejak kapan sadar investasi?
Saya sadar investasi karena terus adanya inflasi, dengan begitu nilai rupiah kita kan terus meningkat. Misalnya dulu kita belanja seribu masih bisa sekarang sudah nggak ada apa-apanya. Tapi sejak berkeluarga, bagaimana yang dipikirkan investasi rumah.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading