Tantangan Perempuan agar Maju dan Sukses Menurut Najwa Shihab

Entrepreneur - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
11 November 2018 11:32
Tantangan Perempuan agar Maju dan Sukses Menurut Najwa Shihab
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, banyak perempuan yang berhasil merintis kariernya hingga berada di posisi puncak. Hal itu tentunya menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya untuk lebih maju dan memiliki karir yang baik.

Kendati demikian, tak sedikit pula dari para perempuan yang masih menjadi minoritas dan sering mengalami diskriminasi dibandingkan kaum pria. Misalnya, masalah gaji dan kesempatan memperoleh jabatan tertentu.


Menurut Najwa Shihab selaku jurnalis dan Founder Narasi TV mengatakan ada banyak tantangan dan stereotipe yang dihadapi perempuan di lingkungan kerja. Namun yang paling berpengaruh dan harus dilawan adalah diri mereka sendiri.


"Jadi bila kita tidak bisa mengubah orang lain paling tidak ubah dulu diri sendiri," ujar Najwa kepada CNBC Indonesia saat acara Indonesian Women's Forum (IWF) 2018 bersama P&G di Jakarta, Jumat (9/11/2018).



Dia menuturkan, secara tidak sadar, perempuan kerap kali menganggap rendah dirinya sendiri. Sebab, ada pandangan perempuan sukses dianggap ambisius dan pria sukses dianggap hebat.

Dari hal di atas secara tidak sadar perempuan yang sukses dianggap negatif dan pria hebat adalah positif. Sehingga ada kecenderungan perempuan tidak bisa menunjukkan kemampuannya.


Oleh karena itu, Najwa pun menyarankan perempuan yang menghadapi hal itu segera mencari mentor pribadi. Selain itu, para perempuan juga harus memiliki karakter konstruktif dengan ikut terlibat dalam beragam hal di lingkungan pekerjaan mereka.

Tidak hanya itu, perempuan pun harus memiliki sikap empati jika ingin menjadi seorang yang sukses. Dan tidak lupa tentunya untuk saling menguatkan antar perempuan lain.

"Perempuan yang sukses tidak ragu untuk menunjukkan ambisi. Perempuan hebat bukan karena belas kasihan tapi karena dia kerja keras dan memiliki ide brilian. Dan mereka juga harus memiliki sikap empati jika ingin menjadi seorang perempuan yang sukses," kata Najwa.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading