Lebih Efisien, Pendaftaran Online JKN Hindari Antrian Pasien

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
01 December 2022 21:00
BPJS Kesehatan. (Dok. BPJS Kesehatan) Foto: BPJS Kesehatan. (Dok. BPJS Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan yang kini menyediakan pendaftaran online pengurusan administrasi sangat berjasa bagi efisiensi layanan rumah sakit terhadap masyarakat.

Rika Rahim contohnya. Ibu rumah tangga berusia 39 tahun di Distrik Biak Kota ini merupakan salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri Sipil (PPU PNS) Pusat yang hampir setiap bulan memanfaatkan program tersebut.

Rika yang membutuhkan pengobatan rutin karena hipertensi dan juga pembengkakan jantung ini memanfaatkan pendaftaran online JKN, sehingga memudahkan ia untuk pengurusan administrasi tanpa harus lama-lama menunggu di fasilitas kesehatan.

"Dengan adanya pendaftaran online ini saya dapat memanfaatkan waktu dengan baik, jika kita sesuai dengan prosedur pasti tidak akan merasa dibeda-bedakan seperti yang kadang dibayangkan oleh orang lain," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Adapun dengan JKN, ia merasa sangat terbantu selama ini ia mendapatkan pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan dengan tidak dibeda-bedakan.

"Saya rutin berobat ke Klinik Polres Biak Numfor mengingat fasilitas kesehatan saya terdaftar di sana, sesekali saya dirujuk ke RSUD Biak. Selama pelayanan saya selalu mendapatkan petugas yang ramah dan kenyamanan dalam berobat," tambah Rika.

Rika pun menyampaikan rasa terima kasihnya akan hadirnya Program JKN terutama dengan penyakitnya ini, ia bisa mendapatkan obat rutin untuk pemakaian selama 30 hari hanya dengan kartu JKN.

"Dengan pengobatan saya yang menggunakan BPJS Kesehatan ini dapat meringankan biaya pengobatan dan saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat juga. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada BPJS Kesehatan yang telah melayani saya dengan sangat baik," tutup Rika.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BPJS Kesehatan Perluas Akses & Pemerataan Pelayanan Bedah


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading