Internasional

Alert! 400-500 Orang Tewas karena Piala Dunia Qatar, Kenapa?

News - sef, CNBC Indonesia
30 November 2022 13:55
Pertandingan Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Wales dan Iran di Stadion Ahmad Bin Ali pada 25 November 2022 di Doha, Qatar. (Getty Images/Julian Finney) Foto: Pertandingan Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Wales dan Iran di Stadion Ahmad Bin Ali pada 25 November 2022 di Doha, Qatar. (Getty Images/Julian Finney)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 400 hingga 500 orang tewas karena Piala Dunia (World Cup) 2022 di Qatar. Mereka adalah pekerja migran yang terlibat proyek dan mengalami kecelakaan kerja pada tahun-tahun menjelang turnamen.

Hal ini terungkap dalam wawancara pejabat Qatar, ke sebuah televisi Inggris. Kepala warisan Qatar Hassan Al-Thawadi mengungkapkan angka itu, saat ditanya berapa banyak pekerja yang meninggal ketika melakukan pekerjaan untuk Piala Dunia.

Ia mengatakan hal itu mengacu pada statistik nasional 2014-2020 untuk semua kematian terkait pekerja di negara itu. "Mencakup semua sektor dan kebangsaan," tambahnya lagi menyebut ada 414 kematian pekerja selama periode delapan tahun, sebagaimana dimuat AFP, Rabu (30/11/2022).

Pekerja migran mencapai lebih dari 2,5 juta dari 2,9 juta penduduk Qatar. Kondisi mereka kerap diklaim tak layak, terutama ketika mengerjakan proyek konstruksi besar di negara itu.

Qatar sendiri tidak pernah memberikan angka pasti untuk jumlah kematian pekerja asing. Beberapa kelompok HAM menyebut ribuan pekerja tewas.

"Selama dekade terakhir, ribuan pekerja telah kembali ke rumah dalam peti mati, tanpa penjelasan yang diberikan kepada orang yang mereka sayangi," kata Amnesty International, Steve Cockburn.

"Panas ekstrem Qatar dan kondisi kerja yang melelahkan kemungkinan besar telah berkontribusi pada ratusan kematian ini, tetapi tanpa penyelidikan penuh skala sebenarnya dari nyawa yang hilang tidak akan pernah bisa diketahui," tambahnya lagi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata! Piala Dunia Qatar 2022 Termahal Sepanjang Sejarah


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading