Media Malaysia Sebut Anwar Ibrahim Resmi Jadi PM Baru

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
22 November 2022 16:32
Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim memberikan suara selama pemilihan umum di Permatang Pauh, Penang, Malaysia, Sabtu (19/11/2022). Pemilu di Malaysia menggunakan sistem first past the post di mana partai atau koalisi yang berhasil mengantongi 112 dari total 222 kursi di parlemen akan membentuk pemerintahan. (REUTERS/Hasnoor Hussain) Foto: Anwar Ibrahim di Permatang Pauh, Penang, Malaysia, Sabtu (19/11/2022). (REUTERS/Hasnoor Hussain)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, secara resmi menjadi perdana menteri baru Malaysia. Kepastian itu diperoleh setelah Anwar menemui Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah di Istana Negara, Selasa (22/11/2022).

"Anwar ditetapkan sebagai perdana menteri," demikian laporan media Malaysia, The Vibes.

Sebelumnya, eks PM Malaysia Muhyiddin Yasin juga menemui sang raja. Akan tetapi, Muhyiddin keluar tanpa memberikan pernyataan apapun kepada wartawan yang sudah menantinya.

Sebelumnya, pemilihan umum Malaysia menghasilkan parlemen gantung yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana tak satu pun dari dua kandidat utama PM, Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Yasin, memenangkan suara mayoritas untuk membentuk pemerintahan.

Koalisi Barisan Nasional, yang merupakan petahana, menegaskan tidak akan mendukung salah satu kandidat. Ini merupakan sebuah langkah yang akan mencegah Anwar dan Muhyiddin mencapai mayoritas.

Akibatnya, secara konstitusional, sekarang situasi tergantung pada raja. Raja sebenarnya memainkan peran seremonial, tetapi dapat menunjuk siapa pun yang diyakini akan memimpin mayoritas.

"Saya meminta warga Malaysia untuk menerima setiap keputusan tentang pembentukan pemerintahan. Biarkan saya membuat keputusan segera," kata raja kepada wartawan di luar Istana Negara, Selasa (22/11/2022), dikutip Reuters.

Ralat : Berita ini mengalami perubahan judul karena The Vibes Malaysia meralat pemberitaan yang menyebutkan bahwa Anwar Ibrahim telah resmi menjadi PM baru Malaysia. Dalam pemberitaan terbarunya, The Vibes Malaysia mengubah judul artikel menjadi "Anwar is expected to be named PM".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Raja Malaysia Tunjuk Anwar Ibrahim PM Baru, Dilantik Sore Ini


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading