14 Gejala Jika Kamu Tertular Covid Omicron XBB

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 November 2022 22:00
Inggris Restui Penggunaan Bivalen Untuk Booster Anti-Omicron Foto: CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat perlu mewaspadai infeksi Omicron XBB. Pasalnya, Kementerian Kesehatan mencatat total kasus Covid-19 ini sudah ada 48 kasus per Kamis (10/11/2022) atau terbaru. Dengan temuan itu, Kemenkes pun memprediksikan puncak penambahan kasus Covid-19 di tanah air akan terjadi dalam waktu 1,5 bulan ke depan.

"Mungkin dalam waktu 1,5 bulan paling lambat puncak ini akan kita capai. Puncaknya di berapa, itu yang nanti kita lihat, tapi saya rasa di bulan Desember ini pasti sudah kelihatan puncaknya atau di awal Januari paling lambat," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikutip Minggu (13/11/2022).

Disebutkan, varian XBB memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat, namun dengan gejala lebih enteng ketimbang sebelumnya.

Adapun menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), badan Amerika Serikat yang menangani pandemi, secara umum gejala varian ini mirip seperti gejala Covid-19. Antara lain demam atau menggigil, batuk, sesak napas atau napas singkat, serta badan lemas dan mudah lelah.

Kemudian nyeri otot dan tubuh, sakit kepala, kehilangan indera perasa atau penciuman, sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat, mual atau muntah, dan diare.

Di sisi lain, Juru Bicara Kemenkes dr Muhammad Syahril menyebut, penularan subvarian Omicron XBB cenderung lebih mudah dibanding subvarian Omicron lainnya.

"XBB termasuk XBB1 memang dia mutasi dari BA.2 maupun BA.2.75. Transmisinya memang lebih cepat dibandingkan BA.5. Dia cepat, hanya saja seperti halnya BA.4 dan BA.5 sebelumnya, tingkat keparahannya lebih rendah," bebernya.

"Imun escape-nya hampir sama, adalah kemampuan untuk menghindar dari antibodi yang ada pada tubuh apakah dari antibodi yang didapat atau antibodi karena vaksin," pungkas Syahril.

Berikut gejala Omicron XBB.

- Lidah tidak ada rasa
- Hidung tidak bisa mencium bau
- Sakit tenggorokan
- Pilek atau hidung tersumbat
- Mual
- Batuk
- Sesak napas
- Muntah
- Sakit perut atau diare
- Demam atau menggigil kedinginan
- Sakit di sekujur tubuh
- Sakit kepala
- Badan mudah lelah dan lemas
- Nyeri otot


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Covid Tetangga RI Makin Memburuk, Lampu Kuning Buat Indonesia


(fys/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading