Internasional

Keajaiban, Arab Jadi Tuan Rumah Asian Games Musim Dingin

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
04 October 2022 19:35
Umat Muslim mengelilingi Ka'bah dan berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekkah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022). Arab Saudi kembali mengizinkan jamaah haji luar negeri untuk beribadah ke negara mereka pada musim haji tahun ini usai 2 tahun terganggu covid. (Photo by Ashraf Amra/Anadolu Agency via Getty Images) Foto: Umat Muslim mengelilingi Ka'bah dan berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekkah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022). Arab Saudi kembali mengizinkan jamaah haji luar negeri untuk beribadah ke negara mereka pada musim haji tahun ini usai 2 tahun terganggu covid. (Photo by Ashraf Amra/Anadolu Agency via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi berhasil ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2029. Hal ini disampaikan langsung Dewan Olimpiade Asia (OCA) selama pertemuan majelis umum di Phnom Penh, Selasa (4/10/2022).

Dalam pernyataannya, OCA mengatakan tawaran Saudi disetujui dengan suara bulat. Laporan itu juga menyebut kota besar yang dikenal sebagai NEOM akan menjadi tuan rumah dari kegiatan tersebut.

Nantinya, Asian Winter Games NEOM akan mencakup 47 kompetisi untuk ski, seluncur salju, hoki es, dan seluncur indah. 28 perlombaan akan diadakan di salju dan 19 lainnya di permukaan es.

"Asian Winter Games dijadwalkan berlangsung di Trojena, daerah NEOM di mana suhu musim dingin turun di bawah nol celsius dan suhu sepanjang tahun umumnya 10 derajat lebih dingin daripada wilayah lainnya", menurut situs web proyek NEOM dikutip AFP.

"Direncanakan akan selesai pada tahun 2026, Trojena akan mencakup ski sepanjang tahun, danau air tawar buatan, chalet, mansion, dan hotel ultra-mewah," tambahnya.

NEOM sendiri merupakan megaproyek yang dilaksanakan untuk mengawal Visi Saudi 2030. Program yang dicetuskan oleh Putra Mahkota Mohammed Bin Salman pada 2017 itu dirancang untuk menghindarkan Saudi dari dependensi terhadap minyak.

Kota itu sendiri akan memiliki beberapa fasilitas yang super canggih seperti taksi terbang dan pelayan robot. Selain itu, Riyadh juga berencana untuk membuat proyek dua gedung pencakar langit paralel sepanjang 170 km yang dinamakan The Line.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Badai Pasir Terjang Arab Saudi


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading