Jokowi Sedih Orang RI Berobat ke LN, RS Ini Datangkan Robbin

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
01 October 2022 19:35
A robot wearing a nurse costume is seen at Mongkutwattana General Hospital in Bangkok, Thailand, February 6, 2019. REUTERS/Athit Perawongmetha Foto: Robot yang mengenakan kostum perawat membawa dokumen medis di Rumah Sakit Umum Mongkutwattana di Bangkok, Thailand, 6 Februari 2019. REUTERS / Athit Perawongmetha

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat mengungkapkan kesedihannya karena banyak warga Indonesia yang pergi ke luar negeri. Bukan karena liburan, melainkan lebih memilih berobat di luar negeri ketimbang di dalam negeri. Jokowi menyayangkan besarnya devisa yang keluar.

Salah satu rumah sakit di Bintaro pun merespons hal itu dengan mendatangkan teknologi terbaru Robotic Spin Surgery Navigation Platform yang dinamakan 'Robbin'.

Direktur Utama Rumah Sakit Premier Bintaro dr. Martha M.L. Siahaan menjelaskan, fungsi alat ini untuk meningkatkan keamanan pasien dalam menjalani operasi tulang belakang dengan tingkat akurasi penempatan screws (implan) mencapai 99,9%. Yang fantastis, harga alat berteknologi dari Amerika Serikat ini mencapai Rp 69 miliar!

"Saya ngotot untuk mendatangkan alat ini supaya orang tidak perlu lagi ke luar negeri, Eropa atau Amerika karena di Indonesia sudah ada. Bahkan Robbin ini pertama di Asia Tenggara, di Penang sama Singapura aja belum ada. Jadi mendukung program pemerintah," katanya dikutip Sabtu (1/10/2022).

Martha mengaku, harus membawa alat ini dari AS karena pabrikan lokal Indonesia belum ada yang mampu memproduksinya.

"Dan ketika disuruh bicara BEP (Break Event Point'), kadang-kadang garuk kepala, karena kita nggak bisa truly bisnis ketika melayani masyarakat, sangat rentan sisi sosial," kata Martha.

Sebelumnya, Jokowi juga menyatakan bahwa RI kehilangan Rp 97 triliun karena banyak warganya yang pergi berobat ke luar negeri. Di sisi lain, dia mendorong penggunaan produk lokal untuk alat-alat yang memang sudah bisa diproduksi di dalam negeri. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Kiamat' PNS Nyata, Jokowi Sudah Rencanakan Sejak Lama


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading