Bocoran Dari Wapres, Desas Desus Pj Gubernur DKI Terkuak!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 September 2022 10:30
Anies Baswedan dalam acara ulang tahun Jakarta di Stadion JIS, Jakarta. (Grandyos Zafna/detikNews) Foto: Anies Baswedan dalam acara ulang tahun Jakarta di Stadion JIS, Jakarta. (Grandyos Zafna/detikNews)

Jakarta, CNBC Indonesia - Desas desus calon pengganti Anies Baswedan sebagai gubernur DKI Jakarta semakin mengemuka. Bahkan, ada satu sosok yang dianggap menjadi kandidat terkuat untuk memimpin Ibu Kota hingga 2024 mendatang.

Wakil Presiden Maruf Amin mengemukakan pemerintah memastikan akan menunjuk sosok yang pernah berkecimpung di DKI Jakarta untuk menjabat sebagai penjabat (Pj) gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan.


"Tentu pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta, orang yang pernah berkecimpung di Jakarta dan tahu persis soal Jakarta," kata Maruf dalam suara rekaman yang diterima di sela kunjungan kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat, dikutip Jumat (23/9/2022).

Maruf mengemukakan, tak ada perbedaan proses dan aturan saat pemerintah nantinya memilih Pj gubernur DKI Jakarta. Maruf mengatakan, pemerintah masih menggunakan aturan yang sama saat memilih Pj gubernur wilayah lainnya.

"Sudah ada kemarin Banten, Bangka Belitung, kemudian Aceh, itu sudah berjalan. Nanti periode berikutnya nanti beberapa daerah termasuk DKI. Saya kira prosesnya akan sama," kata Maruf.

Heru Budi Hartono (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Heru Budi Hartono (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Maruf sendiri mengharapkan calon pengganti Anies Baswedan nantinya memahami betul persoalan di seluk beluk Ib Kota. Menurutnya, akan sulit bagi siapapun yang tidak mengenal Jakarta untuk menyelesaikan persoalan yang ada.

"Kalau tidak tahu Jakarta akan sulit. Barangkali itu dan prosesnya seperti biasa melalui penetapan," kata Maruf.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga telah buka suara mengenai sosok Pj gubernur DKI Jakarta. Saat meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Jokowi mengaku belum menerima nama calon penjabat gubernur DKI Jakarta.

"Belum sampai ke saya. Mungkin baru sampai ke Mendagri," kata Jokowi.

DPR DKI Jakarta pada pekan lalu telah menyerahkan tiga nama calon Pj gubenrur pengganti Anies Baswedan kepada Kementerian Dalam Negeri. Ketiga nama tersebut akan dibahas dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta. (Dok: Facebook Anies Baswedan0Foto: Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta. (Dok: Facebook Anies Baswedan

Ketiga nama tersebut adalah Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

Otoritas dalam negeri akan terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap tiga nama kandidat Pj usulan DPRD. Setelah itu, nama-nama tersebut bersama usulan Kementerian Dalam Negeri akan di bawa ke dalam sidang TPA yang dipimpin Jokowi.

Jokowi kemudian buka suara mengenai kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi Pj gubernur DKI Jakarta. Pasalnya, sang pejabat sementara itu akan menjabat setidaknya hingga November 2024 mendatang.

"Kriteria banyak sekali," kata Jokowi yang juga pernah menjadi gubernur DKI Jakarta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Maruf Amin Resmi Jadi Plt Presiden Hingga 16 Mei 2022


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading