Maruf Amin Resmi Jadi Plt Presiden Hingga 16 Mei 2022

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 May 2022 17:37
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam acara Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Maruf Amin secara resmi didapuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden untuk beberapa hari ke depan, seiring dengan kepergian Jokowi ke Amerika Serikat (AS).

Ketentuan ini diterbitkan dalam bentuk Keputusan Presiden (Keppres) 6/2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden yang diteken Jokowi pada 10 Mei 2022, seperti dikutip dalam lampiran aturan tersebut, Rabu (11/5/2022).


“Bahwa sehubungan dengan pelaksanaan kunjungan kerja atau kenegaraan presiden ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022, maka untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dipandang perlu untuk menugaskan wakil presiden melaksanakan tugas sehari-hari presiden selama berlangsungnya kunjungan tersebut,” tulis pertimbangan Keppres tersebut.

Presiden Jokowi Berangkat ke Washington DC Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS. (Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Jokowi Berangkat ke Washington DC Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Keppres ini sekaligus menegaskan jika dalam waktu penugasan tersebut perlu ditetapkan suatu kebijakan baru, maka wakil presiden sebagai pelaksana tugas presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan presiden.

“Setelah presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan wakil presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada presiden,” tulis diktum ketiga aturan tersebut.

Sebagai informasi, Jokowi sendiri akan berada di negeri Paman Sam selama beberapa hari ke depan. Jokowi dijadwalkan untuk hadir dalam pertemuan US Special Summit, hingga jajaran konglomerat kelas kakap Amerika.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tahun Ini Jokowi & Ma'ruf Juga Nikmati THR, Segini Besarannya


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading