Sri Mulyani Janjikan Rp 10 M Untuk Anies Cs, Ini Syaratnya!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 September 2022 10:30
Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mengikuti rapat tertutup di Istana Kepresidenan Jakarta. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mengikuti rapat tertutup di Istana Kepresidenan Jakarta. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh Kepala Daerah agar serius dalam menekan inflasi. Jokowi bahkan tak segan menyiapkan insentif bagi daerah yang berhasil mengendalikan inflasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Jakarta mengemukakan, bonus yang dijanjikan ini meliputi dana insentif daerah (DID) dengan nilai sebesar Rp 10 miliar.

"Kita mungkin akan melihat kemungkinan memberikan sekitar Rp10 miliar bagi masing-masing daerah yang mampu bisa menurunkan top 10 paling rendah, top 10 di provinsi kabupaten dan kota," kata Sri Mulyani, seperti dikutip Rabu (14/9/2022).

DID akan diberikan setelah inflasi diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Besaran inflasi akan dibandingkan dengan nasional dan sesama daerah maupun tingkat penurunannya.

"Nah nanti kita akan berikan insentif untuk pemda yang bs mengendalikan atau yang inflasinya lebih rendah dari level nasional," imbuhnya.

Diketahui, Indonesia mengalami lonjakan inflasi dalam beberapa waktu terakhir yang didorong oleh kenaikan harga pangan. Inflasi diperkirakan terus meningkat seiring dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pemerintah telah mengeluarkan dana bantuan sosial (bansos) untuk meredam inflasi. Kepada daerah juga dititipkan kewajiban memberikan bansos atau subsidi agar beban masyarakat bisa berkurang.

"Kalau di daerah itu ada dana dari transfer umum yaitu dana alokasi umum dan dana bagi hasil 2%nya itu bisa digunakan untuk meredam kemungkinan potensi kenaikan harga di daerah-daerah," papar Sri Mulyani.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Was-was BBM Kerek Inflasi, Perintahkan Ini ke Anies Cs


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading