Malas Basa-basi, Luhut Tagih Elon Musk: Mau Kau Bagaimana?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 August 2022 08:30
Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk di Austin (Tangkapan layar ig pandusjahrir) Foto: Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk di Austin (Tangkapan layar ig pandusjahrir)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bakal melakukan lawatan ke Amerika Serikat, untuk meminta kejelasan investasi dari Tesla.

Pasalnya rencana investasi Tesla sampai saat ini belum menemukan kepastian. Presiden Joko Widodo padahal juga sudah bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk.

"Tesla sudah masuk sebagian, tapi belum masuk investasinya. Saya akan ke Amerika bulan depan. Saya akan ketemu dengan Elon, mau bicara 'eh mau kau gimana?' sama dia," kata Luhut saat memberi Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Minggu (21/8/2022).

Menurutnya, pemerintah sedang mengejar Tesla untuk segera melakukan investasi secara penuh di Indonesia. Melihat beberapa kompetitor mulai masuk ke Indonesia seperti Ford.

"Karena si Ford ini sudah mulai masuk juga. dia pusing juga Ford duitnya banyak," kata Luhut.

Sebelumnya dalam dialog eksklusif di segmen Economic Update Program Squawk Box CNBC Indonesia, Senin (8/8/2022), Luhut menyebut nilai kontrak pembelian nikel dari Tesla mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp 74,5 triliun.

"Mereka sudah membeli, nah itu bagus, dua produk Indonesia satu dari Huayou, satu lagi di mana. Dia sudah tandatangan kontrak untuk lima tahun. Jadi tahap pertama dia sudah masuk," kata Luhut.

Luhut mengatakan kontrak itu akan digunakan untuk baterai lithium di Tesla. Adapun lokasi tepatnya untuk nikel yang dikontrak Tesla yakni di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lampaui Ekspektasi, Tesla Raup Pendapatan USD 18,76 M


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading