Rutinitas Pagi Para CEO Dunia, Ada yang Hobi Bangun Siang?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 August 2022 14:50
Infografis: Ketika Apple, Facebook & Google Berambisi Gantikan Smartphone Foto: Ilustrasi CEO dunia/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti apa rutinitas pagi para CEO dunia? Ternyata, sebagian besar dari mereka hobi bangun pagi. 

Mayoritas orang sukses bangun paling lambat pukul 6 pagi. Hal ini terungkap dalam survei terhadap 1.086 CEO perusahaan AS yang masuk dalam daftar Inc. 5000 pada tahun 2022.

Survey menemukan bahwa 64% CEO bangun pada pukul 6 pagi, atau lebih awal. Dan hampir 9 dari 10 CEO yang disurvei bangun paling lambat pukul 7 pagi.


Secara khusus, berikut adalah waktu bangun paling populer dari survei terhadap para CEO dunia:

  • 06:00 (37% responden)
  • 05:00 (27%)
  • 7 pagi (22%)
  • 8 pagi (5%)
  • 04.00 atau lebih awal (5%)

Pemimpin redaksi Inc. Scott Omelianuk mengatakan bahwa dia tidak terkejut dengan hasil tersebut. Menurutnya, dengan jadwal CEO yang padat, kemungkinan mereka baru bisa mendapat waktu tenang pada pagi hari.

"Bagi banyak pengusaha yang saya ajak bicara, pagi hari adalah waktu yang memungkinkan mereka untuk fokus," kata Omelianuk kepada CNBC Make It.

"Ada saat hening, di mana Anda dapat fokus pada masalah hari itu, baik itu untuk membuat to-do-list atau memikirkan masalah secara strategis," ujarnya lagi.

Apakah para CEO mengorbankan waktu tidur?

Para ahli kesehatan menegaskan bahwa manusia membutuhkan antara 7-9 jam tidur setiap malam, tidak peduli seberapa awal Anda harus bangun untuk bekerja. Tidur malam yang cukup dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda, bahkan membuat Anda lebih produktif.

Pendiri Amazon Jeff Bezos mengatakan bahwa dia selalu menargetkan untuk bisa tidur selama delapan jam, karena itu memberinya energi dan membantunya berpikir lebih baik.

Sementara itu, beberapa ahli pun berpendapat bahwa manusia cenderung lebih produktif pada dini hari, karena tidak ada gangguan pada waktu itu. Hal ini juga yang dilakukan oleh Tim Cook di masa lalu untuk menjelaskan kebiasaan bangun paginya sendiri.

"Saya bisa mengendalikan pagi lebih baik daripada malam dan sepanjang hari," kata CEO Apple dalam sebuah wawancara tahun 2021.

Hal yang sama juga dilakukan CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk. Orang terkaya nomor wahid di dunia tersebut mengatakan bahwa dia biasanya melihat email penting selama setengah jam sesaat setelah bangun tidur.

Psikolog Joel Dvoskin baru-baru ini mengatakan bahwa manusia dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental dengan menikmati waktu tenang di pagi hari, dan melakukan aktivitas fisik sebelum bekerja. Hal tersebut sangat penting bagi para CEO, yang kebanyakan punya kekhawatiran takut bisnisnya gagal, sehingga hal pikiran itu bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental mereka.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Twitter Dibeli Elon Musk, Ahli Khawatir Hoax Makin Subur


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading