Cara Alami Turunkan Kolesterol, Tak Perlu Pantang Makan

News - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 August 2022 09:00
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik) Foto: Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kadar kolesterol jahat di dalam darah dapat mengganggu kesehatan. Umumnya, kolesterol tinggi terjadi karena adanya penumpukan zat berbasis lemak yang tidak larut dalam darah.

Hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan kesehatan dan memicu penyakit seperti jantung hingga stroke. Kolesterol tinggi juga dapat dilakukan dengan cara mengubah pola makan.

Jadi, jika Anda susah berpantang makan, perbanyaklah mengonsumsi jenis-jenis makanan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol tinggi, berikut beberapa di antaranya:

Beras ragi merah

Beras ragi merah adalah ramuan jamu yang digunakan sebagai obat kolesterol herbal. Jamu ini terbuat dari bahan alami berupa beras yang difermentasikan dengan sejenis jamur bernama monascus purpureus atau ragi.

Biji rami

Obat kolesterol herbal berikutnya adalah biji rami. Tanaman ini mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi atau disebut asam lemak omega-3 yang dapat mengendalikan kadar kolesterol untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Daun kelor

Obat kolesterol herbal berikutnya adalah daun kelor. Tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak bangsa Indian mengatasi obesitas.

Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, daun kelor diklaim memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

Astragalus

Astragalus merupakan ramuan atau jamu yang diklaim dapat memengaruhi kadar kolesterol tinggi. Sifatnya yang antibakteri dan inflamasi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih

Obat kolesterol herbal berikutnya adalah bawang putih. Kandungan senyawa flavonoid dan saponin pada bawang putih diklaim memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Daun salam

Selain dijadikan sebagai bumbu dapur, daun salam juga bisa menjadi salah satu obat kolesterol herbal yang aman. Daun salam diklaim dapat menurunkan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan maag.

Kandungannya yang kaya akan senyawa flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

 


[Gambas:Video CNBC]

(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading