Jangan Tunggu Parah! Kenali Tanda Awal Kolesterol Tinggi

Lifestyle - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 August 2022 21:05
Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik) Foto: Ilustrasi Kolesterol Tinggi (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol bukan penyakit ecek-ecek. Jika terserang penyakit ini, maka bisa memicu beragam penyakit lainnya. Oleh karena itu kita perlu mewaspadai kadar kolesterol tinggi. 

Nah, untuk mengetahui kadar kolesterol kita tinggi atau tidak, berikut tanda-tanda yang harus dikenali:

1. Sakit pada rahang

Rasa sakit pada rahang merupakan salah satu gejala serangan jantung yang mungkin terjadi karena kolesterol tinggi. Biasanya kondisi ini muncul akibat suplai darah ke jantung atau otak sedang melambat atau tersumbat.


2. Mudah lelah

Kondisi mudah lelah karena tubuh tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup. Organ akan dipaksa melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah.


3. Impotensi

Kondisi ini juga jadi ciri kolesterol tinggi, karena adanya penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri sehingga menghalangi aliran darah ke penis.

4. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Gejala berikutnya yang timbul adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan bahkan terasa nyeri, ngilu atau kondisi tidak nyaman saat digerakkan atau berjalan.

5. Nyeri dada

Nyeri dada terjadi bisa karena kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan membuat dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.


6. Xanthelasma

Ini merupakan endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit, biasanya di sekitar mata. Akan tampak noda kuning muda di ujung kelopak mata atau mucul bentolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.


7. Sering begah

Begah atau rasa tidak nyaman bahkan mual terjadi saat hati dipenuhi lemak dengan kadar tinggi. Ini bisa meningkatkan risiko penyakit sirosis, bahkan kanker hati.

8. Kram

Jika Anda kram pada beberapa bagian tubuh di malam hari saat terbangun tidur bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan.

9. Mudah Mengantuk

Mudah mengantuk juga menjadi pertanda lainnya. Sering menguap disebut karena pasokan oksigen ke otak berkurang. Jika frekuensi menguap sudah tidak wajar, Anda patut curiga karena bisa jadi hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi.

10. Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tanda lainnya adalah terasa pegal pada pundak. Ini terjadi karena kemungkinan hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Undang Penyakit, Ini Kadar Kolesterol Normal Tubuh


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading