Bocoran Terbaru Waktu Vaksinasi Booster Kedua Masyarakat Umum

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 August 2022 08:05
Pengunjung mall mengantri untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga covid-19 di mall Bale Kota Tangerang, Banten, Selasa 19/07. Pemerintah resmi memberlakukan wajib vaksin booster atau dosis ketiga untuk masuk mal atau area publik lainnya. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Pengunjung mall mengantri untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga covid-19 di mall Bale Kota Tangerang, Banten, Selasa 19/07. Pemerintah resmi memberlakukan wajib vaksin booster atau dosis ketiga untuk masuk mal atau area publik lainnya. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah beberapa waktu lalu telah menyelenggarakan suntikan vaksin dosis keempat alias booster tahap kedua bagi jajaran tenaga kesehatan, di tengah lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron BA.5.

Lantas. pertanyaan mengemuka, kapan masyarakat umum bisa mendapatkan vaksinasi dosis keempat?


Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan untuk saat ini pemberian dosis keempat masih mengikuti skala prioritas. Namun, bukan tak mungkin akan diperluas cakupannya di luar tenaga kesehatan.

"Mekanisme pemberian dosis keempat akan tetap mengikuti skala prioritas seperti bagaimana vaksinasi dilakukan sebelumnya," kata Wiku seperti dikutip Rabu (10/8/2022).

"Sehingga dimungkinkan adanya perluasan target sasaran. Mengingat tidak hanya tenaga kesehatan yang berisiko tertular".

Untuk saat ini, pemerintah berfokus melakukan booster pertama atau vaksinasi ketiga. Wiku juga kembali mengingatkan untuk mengajak masyarakat yang belum mendapatkan booster.

Apalagi, dia menyatakan mengingat saat ini Indonesia sedang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Wiku meminta untuk bisa menjaga kelompok rentan terkena virus tersebut.

"Apalagi di tengah peningkatan Covid-19. Mari kita jaga kelompok rentan seperti lansia dan komorbid," jelasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/ 3615 /2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan, pemberian dosis keempat berjarak enam bulan dari booster pertama.

Selain itu juga dijelaskan jenis vaksin pada booster kedua tersebut menggunakan yang sudah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization dari BPOM dan memperhatikan ketersediaan dari vaksin yang ada.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aturan Baru Nonton Konser: Usia 18 Tahun Wajib Booster


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading