Jangan Diabaikan! Ini Ciri Anda Positif Omicron Varian Baru

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 August 2022 08:40
Infografis, Ini Gejala Covid-19 Varian Baru

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa belakangan terakhir ini dunia kembali dihebohkan dengan gelombang Covid-19 akibat munculnya subvarian baru, yakni Omicron BA.4 dan BA.5. Subvarian tersebut muncul saat penanganan Covid-19 di dunia dalam kondisi yang membaik.

Dua subvarian Covid-19 baru ini memiliki daya penularan yang tinggi. Selain itu, masa inkubasi virus tersebut hanyalah selama 3 hari saja sampai timbulnya gejala.

Kedua subvarian ini disebut-sebut telah menjadi biang kerok kasus Covid-19 di Tanah Air kembali menanjak. Dalam beberapa hari terakhir, kasus Covid-19 nasional bahkan nyaris menembus angka 6.000 kasus.


Epidemiologi Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut gejala subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tidak lebih ringan dibandingkan varian Covid-19 lainnya. Gejala yang relatif ringan itu pada dasarnya disebabkan oleh imunitas masyarakat yang sudah terbentuk terhadap Covid-19.

"Omicron ini bukan lebih ringan, tapi yang menjadi penyebab terkesan ringan adalah karena imunitas yang sudah terbentuk," kata Dicky.

"Kalau ini menimpanya ketika kita di situasi yang sama imunitas seperti Delta datang, kematiannya akan jauh lebih besar ketika BA.4 dan BA.5 ini datang. Kita beruntung ini datang setelah gelombang Delta," tambahnya.

Berikut ciri-ciri jika seseorang positif terpapar subvarian Omicron baru:

- Batuk: 89%
- Fatigue atau kelelahan: 65%
- Hidung tersumbat atau rinore: 59%
- Demam: 38%
- Mual atau muntah: 22%
- Sesak nafas: 16%
- Diare: 11%
- Anosmia atau ageusia: 8%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sering Disangka Flu Ringan, Ini Tanda-tanda Omicron BA.4-BA.5


(tfa/tfa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading