Jokowi Gambarkan Situasi Kini: Semakin Tahu, Semakin Ngeri

News - Chandra Asmara, CNBC Indonesia
21 June 2022 12:28
Presiden RI Jokowi di Rakernas II PDI Perjuangan Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat - 21 Juni 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa dunia saat ini penuh dengan ketidkpastian dan dalam masa sulit. Situasi ini digambarkan Jokowi seperti suasana yang mengerikan.

Hal tersebut ditekankan Jokowi saat memberikan pengarahan kala membuka peresmian Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan Jakarta, Selasa (21/6/2022).


"Kalau kita semakin tau, kita semakin ngeri," kata Jokowi.

Jokowi mengemukakan, Indonesia pernah mengalami sejumlah krisis. Namun, krisis yang terjadi dalam tiga tahun terakhir ini bertubi-tubi, dan tidak bisa diperkirakan secara pasti dampaknya.

"Krisis karena pandemi, mau pulih kemudian ada perang, kemudian masuk merembet ke mana-mana. Seperti yang disampaikan bu Mega tadi, masuk ke krisis pangan, energi, keuangan," tegasnya

Jokowi mengaku mendapatkan informasi dari sejumlah lembaga internasional seperti IMF, World Bank, hingga UN PBB. Lembaga tersebut memperkirakan akan ada 60 negara yang ambruk akibat krisis.

"60 negara akan ambruk ekonominya, 42 dipastikan sudah menuju ke sana. Siapa yang membantu mereka kalau sudah 42? Mungkin kalau satu, dua, tiga negara krisis bisa dibantu," jelasnya.

"Tapi kalau 42, dan betul bisa mencapai 60, kita enggak ngerti apa yang bisa kita lakukan. Sehingga berjaga-jaga, waspada, hati-hati adalah hal yang sangat kita perlukan," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Ungkap Ramalan Ngeri: Ekonomi 60 Negara Akan Ambruk


(cha/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading