Mal Baru Belum Mati, Jakarta Nambah Dua Lagi Nih Sampai 2023

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 June 2022 11:05
Warga memakai masker di pusat perbelanjaan di Mall Puri Jakarta, Senin (15/6). Mall yang berlokasi di bilangan Jakarta Barat ini terpantau menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sesuai dengan anjuran saat ini. Protokol tersebut antara lain wajib memakai masker, jaga jarak 1 meter, suhu tubuh harus di bawah 37,5 derajat celcius, lift maksimum 6 orang, hingga pembayaran yang didorong cashless. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat perbelanjaan di wilayah ibu kota dan sekitarnya masih terus bertambah. Setidaknya ada satu mal yang akan selesai di ibu kota pada tahun ini dan bertambah satu di 2023 mendatang.

Mengutip dari laporan Colliers Indonesia, pada tahun 2022 ini Lippo Mall East Side di Cempaka Putih, Jakarta Pusat diproyeksikan selesai. Mal ini dibangun oleh Lippo Karawaci dengan luasan 44 ribu meter persegi.

Berlanjut pada 2023 Menara Jakarta Shopping Mall yang dibangun oleh Agung Sedayu Permai juga akan selesai. Terbangun di Kemayoran Jakarta Pusat dengan luasĀ 90.360 meter persegi.

Kedua proyek itu merupakan penyelesaian konstruksi sebelumnya. Dimana pandemi berdampak pada penyelesaian proyek sebelumnya di wilayah Jakarta maupun area sekitar.

"Hanya dua pusat perbelanjaan baru yang akan selesai sebelum 2023," tulis laporan itu dikutip, Jumat (17/6/2022).

Sampai Q1-2022 belum ada proyek baru yang diumumkan, sehingga belum menambah jumlah suplai retail secara signifikan.

Selain itu dijelaskan pemilik tenan saat ini masih berupaya untuk meningkatkan okupansi keterisian, dengan kondisi pasar yang lebih optimis. Dimana rata-rata hanya 70% dan diprediksi sampai akhir tahun bertambah menjadi 72%.

Pada wilayah luar Jakarta juga setidaknya ada empat mal yang akan proyeksi selesai pembangunannya. Seperti Grand Dhika City di Bekasi, Embarcadero Lifestyle Bintaro.

Lalu pada 2023 Bintaro x'Change 2 selesai dibangun, hingga Pakuwon Mall Bekasi



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pak Anies! Pengusaha Mall Minta PBB Dikasih Insentif


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading