Mercedes Tarik 900 Ribu Mobil Keluaran Lama, Punyamu Aman?

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
05 June 2022 11:10
Pekerja merapihkan mobil eks-taksi yang akan dijual di showroom mobil Bluebird di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).  Mobil bekas armada taksi merupakan alternatif menarik bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mercedes-Benz dikabarkan menarik hampir satu juta kendaraan keluaran lamanya di seluruh dunia karena adanya masalah potensial dengan sistem pengereman.

Otoritas Transportasi Federal (KBA) mengatakan bahwa penarikan tersebut dilakukan per 1 Juni. Setidaknya ada 993.407 kendaraan di seluruh dunia yang ditarik, dimana 70.000 di antaranya ditarik di Jerman.

"Korosi pada booster rem dalam kasus terburuk dapat menyebabkan sambungan antara pedal rem dan sistem pengereman terputus. Akibatnya, rem servis bisa berhenti berfungsi," Otoritas Transportasi Federal (KBA) dikutip dari AFP, Minggu (5/6/2022).


Adapun jenis-jenis mobil yang ditarik ialah SUV ML dan GL, serta minivan jenis R-Class. Semua mobil tersebut adalah rilisan tahun 2004 hingga 2015.

Pihak Mercedes-Benz sendiri mengkonfirmasi penarikan itu dalam sebuah pernyataan. Mereka menyatakan penarikan itu didasarkan pada analisis laporan kondisi untuk kendaraan tertentu.

"Dalam kasus korosi yang sangat parah yang jarang terjadi, mungkin saja manuver pengereman yang sangat kuat atau keras menyebabkan kerusakan mekanis pada booster rem, di mana koneksi antara pedal rem dan sistem rem akan gagal," kata Mercedes.

Mereka menambahkan, servis rem saja tidak akan cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, risiko kecelakaan atau cedera akan meningkat.

"Proses penarikan akan melibatkan pemeriksaan kendaraan yang berpotensi terkena dampak dan, tergantung pada hasil pemeriksaan, mengganti suku cadang jika diperlukan," tambah mereka.

Mercedes menghimbau sampai pemeriksaan dilakukan, mereka meminta para pengguna mobil terkait untuk tidak mengemudikan kendaraan mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading